PENGEMBANGAN JIWA EDUPRENEURSHIP MELALUI KEPEMIMPINAN YANG DEMOKRATIS DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Thriska Afifandasari, Subiyantoro Subiyantoro

Abstract


Tujuan penulisan ini di maksudkan untuk mendiskripsikan pengembangan jiwa edupreneurship melalui kepemimpinan yang demokratis di lembaga pendidikan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dengan mengkaji dari buku dan jurnal. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan jiwa edupreneurship melalui kepemimpinan demokratis dalam lembaga pendidikan. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan latar belakang edupreneurship dan kepemimpinan demokratis di lembaga pendidikan. Adapun hasil pembahasan menyatakan bahwasanya (1) pengembangan jiwa edupreneurship dan kepemimpinan demokratis, dimana peserta didik di tanamkan jiwa edupreneurship agar bisa berwirausaha serta bisa menciptakan usaha dan membuka lowongan pekerjaan yang  diajarkan oleh fasilitator seperti kepala sekolah, guru yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang demokratis (2) menumbuhkan jiwa edupreneurship melalui teaching factory, dimana kegiatan ini menerima order, menganalisis, menyatakan kesiapan mengerjakan order, quality control, dan menyerahkan order, yangmana dapat menumbuhkan jiwa edupreneurship dan kewirausahaan yang signifikan, percaya diri, berani mengambil resiko (3) menumbuhkan jiwa edupreneurship melalui bussines center, dimana praktik bisnis dengan menggunakan observasi pasar, melakukan pemesanan atau pembelian dari bussines center


Full Text:

PDF

References


Badrut Tamam, A. M. (2019, Juni). Implementasi Edupreneurship Dalam Pembentukan Karakter Sekolah Unggul. Ulumuna : Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 15-21.

Danim, S. (2008). Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Baru Kelembaga Akademik. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Fadlullah. (2011). Pendidikan Entrepreneurship Berbasis Islam Dan Kearifan Lokal . Jakarta: Diadit Media Press.

Habibi, O. (2019). Sistem Demokrasi Dan Kekhilafaan Dalam Syariat Islam. Sangaji Jurnal Pemikiran Syariah Dan Hukum, 3(1), 45-81.

Kuat, T. (2017). Penumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Implementasiedupreneurship Di Sekolah Menengah Kejuruan. Tri Kuat, 130-143.

Muhammad Shaleh Assingkily, N. R. (2019). Edupreneurship Dalam Pendidikan Islam. Jip, 5, 111-130.

Online, T. Pengangguran Tertinggi Smk. (Https://M.Tempo.Co).

Santosa, I. (2014). Masalah Dan Tantangan Pengembangan Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa Di Indonesia. Inovasi Dan Kewirausahaan, 3, 203-207.

Sriyanti, A. S. (2021). Best Practice Edupreneurship Berbasis Pembelajaran Sentra Berkebun Di Paud Darussalam Bojonegoro. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 51-62.

Suryana. (2003). Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Pt. Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Thriska Afifandasari, Subiyantoro Subiyantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)