PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS

Supeno Supeno, Dewi Kurnia Fitriani, Diah Wahyuni, Rahayuningsih Rahayuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi sistem tata surya serta mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas untuk meningkatkan literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi pengembangan 4-D. Tahapan dalam 4-D, antara lain: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Tahap define ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan sehingga tahap ini dikenal dengan analisis kebutuhan. Tahap design dilakukan setelah mengetahui permasalahan yang berdasarkan analisis define kemudian peneliti mendesain peralatan yang digunakan seperti melakukan penyusunan tes mengacu pada analisis siswa yang kemudian disesuaikan dengan tingkat kemampuan kognitif siswa dan tujuan. Tahap develop terdiri dari dua tahap yaitu tahap validasi media dan tahap uji coba media interaktif yang dikembangkan. Validitas  media memperoleh persentase sebesar 86% kriteria sangat valid. Kepraktisan dilakukan dengan menggunakan lembar keterlaksanaan dan memperoleh 100% kriteria sangat praktis. Efektivitas dilakukan dengan memberikan tes essay yang mengacu pada indikator literasi sains diujikan menggunakan N-Gain. Efektivitas media interaktif menggunakan N-Gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang.

Kata Kunci: Articulate storyline, sistem tata surya; literasi sains


Full Text:

PDF

References


Amalia, S. (2019) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Flash pada Materi Gerak Parabola’, Menara Ilmu, 13(7), pp. 96–107.

Annisa, A. R., Putra, A. P. and Dharmono, D. (2020) ‘Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash’, Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), pp. 72. doi: 10.20527/quantum.v11i1.8204.

Ayuningsih, N. P. M. (2020) ‘Validitas Isi Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning dan Pendidikan Karakter’, Jurnal Matematics Paedagogic, 4(2), pp. 163–174.

Azhar, F. (2020) ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plumbing’, Jurnal PenSil, 9(2), pp. 97–103. doi: 10.21009/jpensil.v9i2.15340.

Firmansyah, G. and Hariyanto, D. (2019) ‘Penggunaan QR Code pada Dunia Pendidikan : Penelitian Pengembangan Bahan Ajar’, Jurnal Sportif : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), pp. 265. doi: 10.29407/js_unpgri.v5i2.13467.

Fuadi, H., Annisa, Z. R. Jamaluddin. and Abdul W. J. (2020) ‘Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik’, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains., 1(4), pp. 161–170.

Hewi, L. and Shaleh, M. (2020) ‘Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age., 4(1), pp. 30–41.

Hidayanti, I., Sutisnawati, A. and Uswatun, D. A. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasisi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Literasi Sains pada siswa SD Kelas Tinggi’, Dikdas Matappa : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(3), pp. 158–163.

Himmah, F., Subiki, S. and Supeno, S. (2021) ‘Pengembangan modul pembelajaran fisika sma pokok bahasan fluida statis berbasis potensi lokal pada waduk lecari banyuwangi’, ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), pp. 343. doi: 10.31764/orbita.v7i2.5761.

Huryah, F., Sumarmin, R. and Effendi, J. (2017) ‘Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa Sma Kelas X Sekota Padang’, Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), pp. 72. doi: 10.24036/jep.v1i2.70.

Junedi, B., Mahuda, I. and Kusuma, J. W. (2020) ‘Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran Pada Guru Mts Massaratul Mut’allimin Banten’, Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), pp. 63–72. doi: 10.20414/transformasi.v16i1.1963.

Kumalasani, M. P. (2018) ‘Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD’, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), pp. 1–11. doi: 10.21067/jbpd.v2i1a.2345.

Mardhiyyah, L., Supeno., and Ridlo, Z. R. (2022) ‘Development of E-Modules to Improve Scientific Explanation Skills in Science Learning for Junior High School Students’, Jurnal Pendidikan MIPA, 20(1), pp. 23–29.

OECD. (2019) ‘Programme Fot Internasional Student Assesment (PISA) Reseult from PISA 2018’, Paris: OECD Publish.

Prafitasari, A. N. (2019) ‘Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Negeri 7 Jember Berbasis Media Aplikasi Tes’,Bioma: Jurna Biologi dan Pembelajaran. pp. 1–9.

Pratiwi, S. N., Cari, C. and Aminah, N. S. (2019) ‘Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa’, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), pp. 34–42.

Purba dkk. (2020) Pengantar Media Pembelajaran. Available at: https://kitamenulis.id/2020/12/29/pengantar-media-pembelajaran.

Puspendik (2018). PISA. Pusat Penelitian Pendidikan Balitbang. Available at: https://litbang.kemdikbud.go.id/pisa.

Rafmana, H., Chotimah, U. and Alfiandra (2018) ‘Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang’, Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(1), pp. 52–65. Available at: https://ejournal.unsri.ac.id/indeks.php/jbti/ article/download/7898/pdf.

Rizkita, L., Suwono, H. and Susilo, H. (2016) ‘Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Sma Kota Malang’, Prosiding Seminar Nasional II, (2), pp. 771–781.

Sari, I. M. (2019) ‘Peningkatan Keterampilan Generik Sains pada Materi Tata Surya melalui Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Solar System Scope untuk Siswa SMP’, Journal of Teaching and Learning Physics, 4(2), pp. 1–17. doi: 10.15575/jotalp.v4i2.4294.

Sari, R. K. and Harjono, N. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD’, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), pp. 122. doi: 10.23887/jp2.v4i1.33356.

Sutrisna, N. (2021) ‘Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), pp. 2683.

Thingajaran, D. (1974) ‘Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook’, Journal of School Psychology, 14(1), pp. 75. doi: 10.1016/0022-4405(76)90066-2.

Wicaksono, I., Indrawati, I. and Supeno. (2020) ‘PhET (Physics Eeducation Technology) sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa’, FKIP e-PROCEEDING, 5(1), pp. 1–5. Available at: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21623.

Yani, R. Indrawati. and Iwan W. (2019) ‘Efektivitas penerapan desain pembelajaran IPA terpadu tipa Webbeb pada kurikulum 2013 revisi untuk siswa SMP kelas VII’, Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4(1), pp. 252–257.

Yuliati. Y (2017) ‘Literasi sains dalam pembelajaran IPA’. Jurnal Cakrawala Pendas. 3(2), pp. 21–28.

Yusup, F. (2018) ‘Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif’, Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), pp. 17–23. doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Supeno Supeno, Dewi Kurnia Fitriani, Diah Wahyuni, Rahayuningsih Rahayuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)