Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Tahfizh Al-Qur'an Pondok Tahfizh Hasanah Talang Babungo

Fia Nisa Luthfia, Sulaiman Sulaiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar tahfizh Pondok Tahfizh Hasanah Talang Babungo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik atau santri Pondok Tahfizh Hasanah Talang Babungo khususnya yang mengikuti kelas tahfizh. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 orang santri Pondok Tahfizh Hasanah Talang Babungo. Hasil penelitian, berdasarkan penelitian yang diperoleh melalui angket untuk motivasi belajar santri dalam menghafal Al-Qur’an Pondok tahfizh Hasanah Talang Babungo dalam kategori tinggi dibuktikan dengan 40% santri berada pada kategori tinggi. Untuk hasil belajar tahfizh Al-Qur’an santri Pondok Tahfizh Hasanah Talang Babungo dalam kategori tinggi dibuktikan dengan 42% santri berada pada kategori tinggi. Dan terdapat pengaruh antara motivasi terhadap hasil belajar tahfizh Al-Qur’an Pondok Tahfizh Hasanah Talang Babungo dengan uji R square sebesar 0,438 (43,8%) yang menunjukkan bahwa variabel independent memiliki pengaruh terhadap variabel dependen.

Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi, Hasil belajar tahfizh Al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


Djali (2011). “Psikologi Pendidikan†Jakarta : Bumi Aksara.

Gufron M & Rahmawati,(2013). “Ulumul Qur’an Praktik dan Mudah . Yogyakarta: Teras.

Lestari, E. T. (2020). “Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasarâ€. Deepublish

Musbikin Imam, (2014). “Mutiara Al-Qur’an.â€. Yogyakarta: Jaya Star Nine.

Purwanto Ngalim (2007). “Psikologi Pendidikanâ€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, M. (2017). “Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Uno.H (2012). “Teori Motivasi dan Pengukurannyaâ€. Jakarta: Bumi Aksara.

Wika, W. (2019). “Problematika dalam Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak-anak di Rumah Tahfidz Taman Pendidikan Daarul ‘Ilmi Kelurahan Sukarami Kecematan Selebar Kota Bengkuluâ€. (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fia Nisa Luthfia, Sulaiman Sulaiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)