Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

Romadhona Millenia Devi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan pengembangan yang dilakukan antara lain: 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), dan 3) development (pengembangan) tanpa disseminate (penyebaran). Validasi dianalisis berdasarkan validitas konstruk dan validitas isi dari 3 validator. Kepraktisan dianalisis dari hasil lembar keterlaksanaan pembelajaran dari 3 observer. Keefektifan dianalisis berdasarkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan angket respon. E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan diuji terbatas pada 16 peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dibuat memperoleh persentase validitas 86,9% dengan kriteria sangat valid, skor kepraktisan 3,47 dengan keterangan terlaksana dengan jelas, dan keefektifan berdasarkan uji N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan angket respon sebesar 94,26% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: model pengembangan 4-D; E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing; keterampilan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Afifah, Y. dan E. Nurfalah. 2019. Kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Jenu berdasarkan langkah facion pada pokok bahasan jajargenjang dan trapesium. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika. 1(1): 37–42. https://doi.org/10.55719/jrpm.v1i1.65

Akbar, S. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Aldiyah, E. 2021. Lembar kerja peserta didik (lkpd) pengembangan sebagai sarana peningkatan keterampilan proses pembelajaran ipa di smp. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 1(1): 67-76. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.85

Apsari, Y, D. dan Ismono. 2014. Pengembangan lembar kegiatan siswa berorientasi sets pada materi pokok zat aditif makanan. Journal of Chemical Education. 3(2): 1-6. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.85

Budiarso, A. S., Sutarto, I. K. Mahardika, P. D. A. Putra, D. N. I. Sari, and F. N. Laela. 2022. The validity and practicality of rhe contextual analysis of science and laboratory problems (canlabs) learning model in science learning. Journal od Research in Science Education (JPPIPA). 8(1): 94-102. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1069

Dahlia, Ibrohim, dan S. Mahanal. 2018. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa smp menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar Hutan Wisata Baning. Jurnal Pendidikan: Teori, Pendidikan, dan Pengembangan. 3(1): 188-194. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10506

Darma, I. V. V., I. N. Suardana, dan K. Selamet. 2018. Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas vii smp pada pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 1(1): 44-54. http://dx.doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21916

Dewi, M. R., I. Mudakir, dan S. Murdiyah. 2016. Pengaruh model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Edukasi. 3(2): 29–33. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75752

Ebtasari, D. dan E. Ismayati. 2016. Pengembangan student worksheet berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran teknik kerja bengkel di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 5(3): 925-931. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknikelektro/article/view/16712

Firdaus, M., dan I. Wilujeng. 2018. Pengembangan lkpd inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 4(1): 26-40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Fitriyah, I. M. N. dan M. A. Gofur. 2018. Pengembangan e-lkpd berbasis android dengan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5): 1957-1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718

Furmanti, T. dan R. Hasan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Keaktifan Siswa Di SMP N 5 Seluma. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship VI: 1-9. http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/175

Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: a sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. 66(1): 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hamidah, N., S. Haryani, dan S. Wardani. 2018. Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12(2): 2212-2223. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.7460

Iman, R., I. Khaldun, dan Nasrullah. 2017. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model inkuiri terbimbing pada materi pesawat sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1): 52-58. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Kumalasari, M. 2019. Analisis respon guru dan peserta didik terhadap lkpd ipa berbasis inkuiri terbimbing yang terintegrasi ayat al-quran dan hadist di SMP Askhabul Kahfi. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. 7(1): 41-48. http://dx.doi.org/10.23971/eds.v7i1.1034

Laksono, M. B. T. dan D. Novita. 2022. Implementasi pembelajaran inkuiri online dengan lembar kerja peserta didik elektronik (e-lkpd) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis materi faktor laju reaksi. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 14(1): 38-48. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1966

Lathifah, M. F., B. N. Hidayati, dan Zulandri. 2021. Efektifitas lkpd elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemic covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4(2): 25-30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.668

Lubis, N. Z., S. Indriani, E. S. Hutasoit, M. W. Silitonga, M. K. Siringoringo, P. N. Delima, T. Syahputri, I. Aisyah, E. Tindaon, dan S. Sianturi. 2021. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan media phet simulation. Biology Education, Science, & Technology. 4(1): 115-122. https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3849

Maharani, M., M. Wati, dan S. Hartini. 2017. Pengembangan alat peraga pada materi usaha dan energi untuk melatihkan keterampilan proses sains melalui model inquiry discovery learning (idl terbimbing). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 5(3): 351-367. http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v5i3.4043

Mahjatia, N., E. Susilowati, dan S. Miriam. 2020. Pengembangan lkpd berbasis stem untuk melatihkan keterampilan proses sains melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 4(3): 139-150. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055

Meylani, V., R. R. Putra, dan R. Ardiansyah. 2018. Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) dan pengayaaan materi biologi dalam mata pelajaran ipa sesuai kurikulum nasional bagi guru ipa di lingkungan smp/sederajat se-kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi. 4(1): 13-17. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jps/article/view/483/413

Munawwarah dan I. Hante. 2020. Perbedaan keterampilan berpikir kritis berdasarkan jenis kelamin: analisis melalui inkuiri pada siswa sma pada materi kimia. Jurnal Chemica. 21(2): 228-236. DOI:10.35580/CHEMICA.V21I2.17994

Nissa, L. H. dan Sukardiyono. 2017. Pengembangan lkpd fisika dengan strategi pembelajaran induktif untuk mengukur keterampilan berfikir kritis siswa MAN Godean pada materi pokok gerak lurus. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47901

Nurullah, A., Y. Soepriyanto, Sulton, dan A. Husna. 2019. Pengembangan multimedia pembelajaran energi dalam sistem kehidupan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 2(4): 315-319. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i42019p315

Prahani, B. K., Supeno, dan S. Wahyuni. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis information and communication technology (ict) di smp. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1): 31-37. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/430

Puspitasari, A. D. 2019. Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 7(1): 17-25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155

Putri, A. N., V. Serevina, dan A. S. Budi. 2019. Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dilengkapi Simulasi PHET Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019. 8 Desember 2019. Universitas Negeri Jakarta: 135-142. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.17

Qomario dan P. Agung. 2018. Pengembangan lembar kerja siswa (lks) ipa berbasis ict sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 5(2): 239-246. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3190

Rachman, F. A., R. Ahsanunnisa, dan E. Nawawi. 2017. Pengembangan lkpd berbasis berpikir kritis materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada mata pelajaran kimia di sma. ALKIMIA. 1(1): 16-25. https://doi.org/10.19109/alkimia.v1i1.1326

Ramadhanti, A. dan R. Agustini. 2021. Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran. 7(2): 385-394. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3458

Rohmah, F. A. dan T. Nurita. 2017. Keterampilan berpikir kritis siswa smp pada materi getaran dan gelombang. E-Jurnal Pensa. 5(3): 222-225. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/19811

Sari, I. P., Sutarto, I. Mudakir, Supeno, and A. S. Budiarso. 2020. Instructional materials for optical matter based on stem-cp (science, technology, engineering, mathematics-contextual problem) to increase student critical thinking skills in high school. Journal of Physics: Conference Series. 1563: 1-8. doi:10.1088/1742-6596/1563/1/012052

Sujana, A. 2014. Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.

Suryaningsih, S., dan Nurlita, R. 2021. Pentingnya lembar kerja peserta didik elektronik (elkpd) inovatif dalam proses pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). 2(7): 1256-1267. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233

Sutarto, Nuriman, A. S. Budiarso, and N. Hasanah. 2020. Application of STMCpE-based chemistry books with chemo-entrepreneurship orientation in the learning of acid-base solutions to improve students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series. 1832: 1-11. doi:10.1088/1742-6596/1832/1/012034

Syamsu, F. D. 2017. Pengembangan penuntun praktikum ipa berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa smp siswa kelas vii semester genap. BIOnatural. 4(2): 13-27. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/190/177

Tita, N. A., F. Septiani, Silitonga, E. Putra, dan Ramdhani. 2019. Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (ELKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Riau: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Thiagarajan, S., D. S. Semmel, dan M. I. Semmel. 1974. Instructional Developtment for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, S., I. G. M. Sanjaya, Erman, dan B. Jatmiko. 2019. Edmodo-based blended learning model as an alternative of science learning to motivate and improve junior high school students’ scientific critical thinking skills. I-Jet. 14(9): 98-109. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9980

Zulfah. 2017. Tahap preliminary research pengembangan lkpd berbasis pbl untuk materi matematika semester 1 kelas viii smp. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2): 1-12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.59




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Romadhona Millenia Devi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)