Peluang dan Tantangan : Bisnis di era disrupsi industri

Annisa Aprilia, Subiyantoro Subiyantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan berbagai tantangan dan peluang bisnis yang akan dihadapi di era disrupsi industri. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, yakni mengumpulkan berbagai informasi menjawab rumusan masalah penelitian melaui berbagai sumber seperti buku-buku dan jurnal. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa saja tantangan dan peluang bisnis di era disrupsi industri?; 2) Bagaimana strategi menghadapi tantangan dan peluang bisnis di era disrupsi industr?. Adapun hasil temuan penelitian adalah Era disrupsi industri mengubah cara hidup manusia yang fundamental, dari manual menjadi otomatisasi digitalisasi. Hal tersebut dapat memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih praktis, efektif dan efesien karena perkembangan teknologi. Namun kehadiran era disrupsi di waktu yang bersamaan juga dapat menjadi ancaman bagi pelaku industri. Pekerjaan yang dulu biasa dilakukan oleh manusia, kini diambil alih oleh mesin dan robot. Maka untuk mengadapi tantangan dan peluang tersebut diperlukannya sebuah strategi, yakni Trend Watching; Research, Risk Management, Inovation, Switching, Partnership, Change Managemen.

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, O. F. (2021). Kepemimpinan Transformatif, Keputusan Inovatif Dan Era Distrupsi. Seminar Nasional, 1(1), 177–184.

Destiana, R., & Kismartini, K. (2020). Pemasaran Pariwisata Halal di Era Disrupsi: Studi Kasus Pulau Penyengat di Provinsi Kepulauan Riau. Society, 8(1), 278–299.

Hakim, A. R. (2019). Menjawab Tantangan “Era Industry 4.0†Dengan Menjadi Wirausahawan Di Bidang Pendidikan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(November 2015). https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.121

Kurniati, F. T., & Huizen, R. R. (2021). Sosialisasi Strategi Business Continuity Plan Memasuki Era Baru ( New Normal ). 24(4).

Mundir, A. (2020). Etika Bisnis Islampada Era Distrupsi. Mu’Allim, 2(2655–8939), 15–28.

Nur Azizah, F., Fadilah, I. I., & Putri Aqidah, L. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1).

Nurjani, N. P. (2018). Disrupsi Industri 4.0; Implementasi, Peluang Dan Tantangan Dunia Industri Indonesia. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 1(2), 23–32. https://steemit.com/indonesia/@iqbalsweden/

Perwita, A. D., & Saptana, N. (2020). Peran Wirausaha Pertanian dalam Menghadapi Era Disrupsi Inovasi. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 37(1), 41. https://doi.org/10.21082/fae.v37n1.2019.41-58

Priscillian Natalia Angelita, A., Airin Sangari, K., & Octaviana, S. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli di Era Covid 19 Pengguna Aplikasi Tokopedia. 6(8), 3698–3708.

Purcarea, T., & Purcarea, A. (2017). Services Marketing in the Era of Disruption and Digital Transformation. Romanian Economic and Business Review, 12(4), 7–26.

Rachmad Prihadi, W. (2019). Model Teacherpreneur Pada Pembelajaran Vokasi Menghadapi Era Disrupsi Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28274

Suryana, & Perdana, Y. (2020). Bisnis Digital Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Penerbit Salemba Empat, 5. https://api.penerbitsalemba.com/book/books/01-0445/contents/bb490b83-2b3d-44c9-8dcc-9b43c59b4c3a.pdf

Tjahjana, D., Dwidienawati, D., & Hanafilah, H. (2014). E-Marketing (Principles, Dynamics & Optimization). In CV Diandra Primamitra Medisa.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Annisa Aprilia, Subiyantoro Subiyantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)