NILAI-NILAI EDUPRENEURSHIP PADA FUN LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN ISLAM

Aisyah Amalia Putri

Abstract


Tantangan pendidikan Islam saat ini yaitu krisis moral dan hilangnya jiwa kreativitas pada pendidik dan peserta didik. Urgensi dari Pendidikan Islam adalah membangun karakter bangsa yang bertakwa serta berakhlak mulia. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis nilai-nilai edupreneurship pada fun learning dalam membangun Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan. Teknik pengumpulan data bersumber dari buku, artikel dan karya ilmiah. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data yang berhubungan dengan kajian penelitian. Hasil penelitian menjelaskan bahwa adanya nilai-nilai edupreneurship pada fun learning dalam membangun Pendidikan Islam, antara lain; menumbuhkan karakter mandiri, membangun jiwa inovatif,  membangun kreativitas pendidik dan peserta didik, tanggung jawab, pantang menyerah, dan berpikir kritis.

Keyword: Edupreneurship, Fun learning, Pendidikan Islam


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aisyah Amalia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)