IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Isnaeni Maryam

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah mahasiswa banyak yang mengalami kesulitan pada saat pembelajaran online, hal tersebut menyebabkan tingkat berpikir kritis mahasiswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran blended learning yang diintegrasikan dengan pendekatan STEM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah kelas 4A Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun ajaran 2021/2022. Obyek penelitian ini adalah keseluruhan pembelajaran menggunakan blended learning yang diintegrasikan dengan STEM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Blended Learning yang diintegrasikan dengan pendekatan STEM  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas 4A pada mata kuliah Statistika Matematika. Mahasiswa mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan, mengungkap fakta yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu masalah, memilih argumen argument logis, relevan, dan akurat, mendeteksi bias berdasarkan sudut pandang yang berbeda, serta menentukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil sebagai suatu keputusan.

Kata Kunci: Blended Learning; STEM;  berpikir kritis

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Isnaeni Maryam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)