PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN

Eka Rosmitha Sari, Muhammad Yusnan, Irman Matje

Abstract


Pentingnya fungsi guru tidak terpengaruh oleh pergeseran paradigma pembelajaran. Agar siswa dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya, tugas penting guru adalah mengolah informasi dalam lingkungan yang menyenangkan yang sengaja diciptakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui media pembelajaran audio visual. Metode penelitian kualitatif adalah proses sistematis yang dimulai dengan identifikasi masalah yang berfokus pada tujuan penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data, dan diakhiri dengan proses penyajian temuan penelitian. Darihasilpenelitianiniditemukan bahwa peran guru sebagai instruktur, sebagai motivator dan sebagai fasilitator dalam meningkatkan aktifitas siswa dalam media pembelajaran dilaksanakan dengan memberikan siswa sikap adil dalam menggunakan media, memiliki mental yang kuat saat menghadapi siswa yang diajar, memiliki pengetahuan yang mendalam tentang efektif mendidik siswa

Full Text:

PDF

References


Aprilia, R. D., & Bramasta, D. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Kegiatan Pembelajaran Daring Kelas V di SD Negeri 1 Purbalingga Wetan. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 28–33.

Baharuddin, B., & Agustang, A. (2022). Teacher’s Strategy for Increasing Students’ Creative Thinking Ability Through Open-Ended Learning in Elementary Schools. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 98–108.

Basir, M., & Dewantara, A. T. B. (2021). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Interaktif Pada Pembelajaran PJOK Secara Online. Prosiding.

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59.

Erlia, W. (2021). Roles of the teacher for increasing learning quality of students. ETUDE: Journal of Educational Research, 1(3), 77–86. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Idzhar, A. (2016). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 222–228.

Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 173–180.

Khasanah, F. (2016). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Students Teams Achievement Division). LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(2), 48–57.

Leonangung, A. (2021). Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 26–30.

Murningsih, E. S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Madaniah, 4(2), 214–229.

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.

Puji Nur Eftaeni, Afit Istiandaru, E. S. (2020). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Tema 5 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas V SD Negeri Banjaragung 01 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1683–1693.

Rifky, R. (2020). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 85–92.

Saniah, S. L., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SD Bakung III. Jurnal Sosialisasi, 8, 76–80.

Sanjaya, A. I., & Pratama, S. R. R. (2021). Problematika Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa di Kelas pada Pembelajaran Matematika. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 47–56.

Sumiati, S. (2018). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145–164.

Supriatna, C., Rohayani, H., & Sabaria, R. (2021). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Active Dabate Tari Melalui Blended Learning. Ringkang, 1(3), 25–35.

Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 201–208.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.

Zaeni, Aulia, J., Hidayah, & Fatichatul, F. (2017). Analisis Keaktifan Siswa melalui Penerapan Model Teams Gamestournaments (TGT) Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA. Prosiding Seminar Nasional & Internasiona;, 416–425.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Rosmitha Sari, Muhammad Yusnan, Irman Matje

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)