PENERAPAN PENGGUNAAN MODEL ARTIKULASI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SALING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan model artikulasi pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Saling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Saling. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random sampling karena setiap kelas mempunyai kemampuan dan kesempatan yang relatif sama dan terpilih sebagai sampel adalah kelas VIII.1 sebagai kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 22 soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Saling setelah diberikan penerapan model pembelajaran Artikulasi.. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada pre-test sebesar 65,00 meningkat menjadi 81,76 pada pos-test. Sedangkan pada perhitungan uj-t diperoleh bahwa thitung = 28,896 maka thiitung (28,896) > ttabel (2,064) sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak.
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press. Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
. (2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiyanto, Krisno. (2016). Sintaks 45, Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL).
Malang: UMM Press.
Bohari. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi Mata Pelajaran IPS di Smp Negeri 1 Sambas. Jurnal Pendidikan. 4 (1) 63-68.
Darmawan, Eko. (2013). Genta Panjang Perang Banjar. Banjarmasin: Yayasan Sanggar Budaya Kalimantan Selatan.
Daryanto. (2014). Statistika Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Ernaneli. (2020). Penerapan Metode Artikulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jurnal FKIP. 2 (1) 115-135.
Ismail. (2014). Seri Sejarah Nasional: Perang Banjar (1859-1905). Banjarmasin: Yayasan Sanggar Budaya Kalimantan Selatan.
KBBI. (2018). Kamus Bahasa Indonesia Modern. Surabaya: Amelia.
Kemendikbud. 2013. Pedoman Guru Mata Pelajaran Sejarah. Jakarta: Balai Pustaka.
Kurniasih dan Sani. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.
Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurahim. (2016). Teori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta : Pustaka Relajar.
Nurhadiyati. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Drill Terhadap Perkembangan Artikulasi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan. 9 (11) 275-290.
Oktaviana (2020). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan PGSD. 1 (2) 27-41.
Oviyanti, Fitri. (2013). Tantangan Perkembangan Pendidikan Keguruan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam. 7 (2) 74-86.
Poesponegoro dan Notosusanto. (2013). Sejarah Nasional Indonesia IV. Jakarta: Balai Pustaka. Sanjaya. (2016). Model Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Shofia. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi dan Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas VIII SMP Negeri 1 Talun. Jurnal Pendidikan Sejarah. 7(3):1313-1320.
Sudjana. (2016). Metode Statistika.Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sundayana. (2015). Evaluasi Pendidikan Untuk Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sundari . (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melaluimodel Artikulasi Pada
Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDIT An-Nadwah Bekasi. Jurnal Pendidikan. 2(1):251-271.
Suratman. (2013). Penerapan Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dan Metode Ceramah
Siswa Kelas XI IPS Pada Pelajaran sejarah di SMAN 1 Langgam Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pendidikan. 1 (1): 1-3.
Widhi, Agung. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pandiva Buku.
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3083
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fransiska Fransiska, Yeni Asmara Yeni Asmara, Agus Susilo Agus Susilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.