PENGARUH FAKTOR FASILITAS SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 060880
Abstract
This research method was quantitative approach. The population  of  this study was the fifth grade students from 32 participating students at SDN 060880. In this study a proportional random sampling formula was used. For collecting the data, it used surveys on learning opportunities and student motivation in schools. Analysis of research data used simple linear regression. The results showed that: (1) the significance value was 0.030; because 0.030 < 0.05 H0 was rejected and H1 was accepted, from a learning institution. (2) R yields 0.210, ie. the low relationship between learning opportunities at school and motivation (3) The coefficient of determination (R2) 0.044 indicates this contribution of the influence of the independent variable is 4.4%. It indicates that 4.4% of students' learning motivation was influenced by the institution. Meanwhile, learning at school, 95.6% is influenced by factors outside of school as discussed in the study.
Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima dari 32 siswa berpartisipasi di SDN 060880. Pada penelitian ini digunakan rumus sampling acak proporsional. Untuk pengumpulan data, itu menggunakan survei tentang peluang belajar dan motivasi siswa di sekolah. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi 0,030; Karena 0,030 < 0,05 H0 ditolak dan H1 diterima, dari lembaga pembelajaran. (2) R menghasilkan 0,210, yaitu hubungan yang rendah diantara kesempatan belajar di sekolah dan motivasi (3) Koefisien determinasi (R2) 0,044 menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas sebesar 4,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 4,4% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh institusinya Sedangkan pembelajaran di sekolah, 95,6% dipengaruhi oleh faktor di luar sekolah seperti dibahas dalam penelitian.
Full Text:
PDFReferences
Amah, N., & Nugroho, A. D. (2016). Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dengan Lingkungan Sosial Sebagai Pemoderasi. Journal of Accounting and Business Education, 2(4).
Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3).
Azma, H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar: Kajian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 387–390.
Chayani, L., & Januardi, J. (2019). PENGARUH FASILITAS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 PENDOPO PALI. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(2), 249–258.
Feriady, M., Harnanik, H., & others. (2012). Pengaruh persepsi siwa tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap minat belajar IPS kelas VIII SMP N 3 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Kurniasih, U., & Gunawan, H. I. (2021). PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI. Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(2), 92–98.
Lubis, A. S., Amalia, A., & Simanjuntak, S. (2021). Pengaruh Fasilitas Sekolah, Biaya Pendidikan Dan Lokasi Sekolah Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Sma Al Ulum Terpadu. Journal Of Management Analytical And Solution, 1(1).
Muhamad, H., Efendi, A., & Basori, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 12(1), 56–64.
Napitupulu, B., & ratna Sari, D. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK Swasta Jambi Medan TA 2018/2019. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 8(3).
Pakpahan, H. (2013). PENGARUH FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PERSTASI BELAJAR SISWA DI SMK RAKSANA 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. UNIMED.
Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh fasilitas belajar, gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(5), 443–452.
Rejeki, A. S., & Rozi, F. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Keterampilan Guru Mengajar terhadap Minat Belajar. Business and Accounting Education Journal, 2(1), 115–128.
Said, S. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal PenKomi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 2(2), 33–38.
Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. JURNAL PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29.
Tarigan, F. N., & Hasibuan, S. A. (2021). The Effect Of Digital Storytellingto Improveuniversitystudents’reading Skils And Self Efficacy. Jurnal Education And Development, 9(4), 404-406.
Tarigan, F. N. (2021). Resilience in Online Learning: A Case Study for Language Learners. Journal of English Education and Linguistics, 2(2), 1-9.The Effect of Image Media on Learning Outcomes of Class V MIS Students in Siboruangin Village in Information Communication Technology (ICT) Subjects. (n.d.).
Yanti, L. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. JURNAL MISI, 4(2).
Zulfia, R., & Syofyan, E. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah, Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1).
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Epi Supriani Siregar, Fatin Nadifa Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.