PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR CALON GURU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Ira wati, Muhammad hasan, Muh. Ihsan said, Hj inanna

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this study was to examine the relationship between the interest of Economic Education FEB UNM students to become teachers and Field Experience Practice (PPL) on teaching readiness as teachers. Quantitative approaches such as observation, questionnaires, and documentation are used in this study. 44 participants were selected for the study, and their responses were evaluated using multiple linear regression. The results of the study found that partially interest in becoming a teacher had no effect on readiness to become a teacher. While the practice of field experience (PPL) partially has a positive and significant influence on readiness to become a teacher. Simultaneously interest in becoming a teacher (X1) and field introduction practice (X2) economic education students FEB UNM have a positive and significant influence on the teaching readiness of prospective teachers.

Keywords: Interest in becoming a teacher, Field Experience Practice, Teaching Readiness

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara minat mahasiswa Pendidikan Ekonomi FEB UNM menjadi guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kesiapan mengajar sebagai guru. Pendekatan kuantitatif seperti observasi, angket, dan dokumentasi digunakan dalam penelitian ini. 44 peserta dipilih untuk penelitian ini, dan tanggapan mereka dievaluasi menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial minat menjadi guru tidak memiliki pengaruh terhadap kesiapan menjadi guru. Sedangkan Praktik pengalaman lapangan (PPL) secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Secara simultan minat menjadi guru (X1) dan praktik pengenalan lapangan (X2) mahasiswa pendidikan ekonomi FEB UNM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar calon guru.

Kata Kunci: Minat menjadi Guru, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kesiapan Mengajar

Full Text:

PDF

References


Adri, J., Jalinus, N., Ambiyar, A., Jama, J., & Giatman, M. (2020). Pengaruh Kesiapan Mengajar Terhadap Sikap Mengajar Calon Guru Muda. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 15–21. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i2.99

Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negerti Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Astuti, M. O., Syamwil, S., & Susanti, D. (2019). Analisis Faktor Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru Melalui Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Ecogen, 1(4), 766–775. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5655

Capah, A., Abdi, A. W., & Azis, D. (2020). Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 5(3), 167–174.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasia, 1(1), 1–10.

Dhonal, R., & Abdullah, R. (2019). Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Ft-Unp Sebagai Calon Guru Profesional Di SMK. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 6(2), 1–4.

Epong P G, Sudarsana Oka I.B, & Wirawan Kresna I.D.G. (2022). Studi Evaluatif tentang Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Tahun Akademik 2020/2021. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 128–133.

Fitria, I., Syamwil, S., & Syofyan, R. (2018). Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP. Jurnal Ecogen, 1(2), 422. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4764

Hartini, M., Setiti, S., & Hasanah, M. (2020). Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Kebiasaan Belajar Mahasiswa. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.20527/jee.v1i2.2424

Isrokatun, I., Fitriani, E., & Mukarromah, K. (2022). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menjadi Guru Sekolah Dasar yang Kompeten. Jurnal Basicedu, 6(1), 819–833. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1982

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353

Mahardika, I. M. A., Tripalupi, L. E., & Suwendra, I. W. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 160. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20152

Maipita, I., & Mutiara, T. (2018). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2017/2018. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 6(6), 34–43. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ekodik/article/view/10777

Mardiah, M., & Yulhendri, Y. (2020). Pengaruh IPK, Micro Teaching, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNP. Jurnal Ecogen, 3(1), 165. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8535

Mulyana, A., & Waluyo, I. (2016). The Effect Of Perceived Teacher Profession And Work Realm Information On The Interest In Becoming Accounting Teacher. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 8, 2(2), 1–10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kpai/article/view/5807/5560

Mulyani, H., Purnamasari, I., & Rahmawati, F. (2019). Analisis Kesiapan Mengajar Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Melalui Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 7(2), 147–156. https://doi.org/10.17509/jpak.v7i2.18086

Murtiningsih, Y. J., & Sohidin, S. dan. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) Dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. JUPE UNS, 2(3), 323–337.

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(1), 1–6.

Novitasari, F., Ngadiman, & Sumaryati, S. (2013). Pengaruh PPL Terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidik. Jupe UNS, 1(2), 1–13.

Oktaviani, T., & Yulianto, A. (2015). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Akuntansi Dan Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Pada Profesi Guru Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri S. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 818–832.

Pramudita, W., & Anugraheni, I. (2017). Studi Penguasaan Matematika Dan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 70–82. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2017.V7.I1.P70-82

Putro, S. E., Rinawati, A., & Muh, U. (2013). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1563

Rahman, A. (2013). Pengaruh perseprsi mahasiswa tentang profesi guru akuntansi pada mahasiwa program studi pendidikan akuntansi pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2011/2012. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UMS, 1(1), 1–10. http://eprints.ums.ac.id/23113/%0Ahttps://lens.org/166-594-410-852-654

Saputra, W. N. E., Ayriza, Y., Handaka, I. B., & Ediyanto, E. (2019). The Development of Peace Counseling Model (PCM): Strategy of School Counselor to Reduce Students’ Aggressive. 2(2).

Sari, D. R. C. (2018). Pengaruh Pengalaman Ppp, Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 161–168.

Sari, N. (2013). Pengaruh Harga, Luas Lahan Dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Petani Karet Di Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin. Skripsi, 53(9), 1–134.

Sugiharto, M. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Program PPG dan Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Univeritas Negeri Yogyakarta Mohammad Sugiharto. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(3), 208–217.

Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Research and Development Journal of Education, 1(1), 110. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7573

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Sukmawati, Rika. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Suyono, A. (2014). Influence of Student Perceptions About the Law Teachers and Lecturers Interest To Teachers (Study On Economic Education Students Accounting) (Islamic University Fkip Riau). Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 1–19.

Syofyan, R., Hidayati, N. S., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(2), 151. https://doi.org/10.24036/011103600

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9989

Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan

Keluarga, Dan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fe Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17220




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ira wati, Ira wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)