EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMK KESEHATAN PURWOREJO

Dian Latifah, Isnaeni Maryam, Prasetyo Budi Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran blended learning berbantuan edmodo terhadap penalaran matematis siswa kelas X SMK Kesehatan Purworejo. Penelitian ini dilakukan di SMK Kesehatan Purworejo. Populasi penelitian berasal dari siswa kelas X tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh kelas X Keperawatan 1 (kelas eksperimen) dan kelas X Keperawatan 2 (kelas kontrol). Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran blended learning berbantuan Edmodo dan whatsapp. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi berupa nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal tahun ajaran 2021/2022 sebagai data prasyarat dan tes penalaran matematis. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal penalaran matematis. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan uji-t univariat dengan  . Hasil analisis data uji hipotesis variabel penalaran matematis diperoleh nilai dengan taraf signifikansi dengan  dan . Nilai sehingga diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran blended learning berbantuan Edmodo tidak lebih efektif memberikan penalaran matematis siswa karena rerata nilai tes penalaran matematis lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Penelitian ini terjadi kontradiksi antara hipotesis dengan kenyataan di kelas. Saat pembelajaran di kelas sebagian siswa yang tidak memperhatikan penjelasan peneliti dan saat pembelajaran dilakukan secara online peneliti tidak dapat memastikan apakah siswa mengikuti pembelajaran dengan baik.

 

Kata Kunci: blended learning, aplikasi Edmodo, penalaran matematis

Full Text:

PDF

References


Annisa, R., Wibowo, T., Sapti, M. 2022. Implementation of Edmodo and Classdojo on the Activeness and Achievements of Students during Covid-19 Pandemic in Learning Mathematics. Jurnal Iqra: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), pp. 192–203.

Ball DL, Bass H. 2003. Making mathematics reasonable in school. In Killpatrick J, Martin WG, Schifter DE (Ed.), A research companion to principles and standards for school mathematics (pp. 27-44). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics

Indrawati, S. M., Nurhayati, dan A. Y. 2021. Penerapan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Negeri 10 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Matematika. 3(17), pp. 192–201

Kemdikbud, pengelola web. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. 4 Desember 2019. Diakses tanggal 15 Agustus 2022 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.

Maulyda, M. A. 2020. Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue 16 Januari 2020)

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM

Nu’man, A. Z. 2013. Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nuryanti., Nurdyansyah., & Fahyuni, E.F. 2021. Analisis Pembelajaran Berbasis WhatsApp Grup Terhadap Prestasi dan Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), pp. 251-262

Nizam. 2016. Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP, Puspendik

Oktaviani, F.N. 2021. Respon Siswa Terhadap Penggunaan Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Permendiknas Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Rizqi, N.R., & Surya, E. 2017. An Analysis Of Students Mathematical Reasoning Ability In VIII Grade Of Sabilina Tembung Junior. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education (IJARIIE), 3(2), pp. 3527–3533.

Rosmita. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020. Skripsi. Universitas Jambi.

Saputri, I., Susanti, E., Aisyah, N. 2017. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Perbandingan Kelas VII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen. 3(1), pp. 15-24

Sulistiawati. 2014. “Analisis Kesulitan Belajar Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas”. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, dan TIK STKIP Surya 2014.

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), pp. 9-13.

Susilo, W. A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Terbanggi Besar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wardhani, S. 2008. Analisis SI Dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/Mts Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: PPPPTK

Wijaya, C.N. 2016. Hubungan antara Kemampuan Penalaran Matematis dan Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII G SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dian Latifah, Isnaeni Maryam, Prasetyo Budi Darmono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)