KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN

Muhammad Ali Basroh

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat efektifitas kemampuan komunikasi interpersonal pimpinan pondok pesantren dengan masyarakat sekitar dalam memanfaatkan potensi dan menjalin kerjasama dengan masyarakat serta meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat berupa kepercayaannya dalam menitipkan anak untuk belajar di pesantren Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah maupun dalam bentuk partisipasinya terhadap pengembangan pondok pesantren. Metode penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian dilakukan di pondok pesantren Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah, Kelurahan Mampun, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pimpinan pondok pesantren Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah dengan masyarakat sekitar lingkungan sudah sangat baik, hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya kriteria komunikasi interpersonal yang baik, seperti adanya keterbukaan, empati, kepositifan, dukungan, dan kesamaan. Partisipasi masyarakat sekitar pondok terhadap pengembangan pondok Futuhul Mu’arif Al-Aziziyah sudah mulai meningkat, hal ini dibuktikan dengan adanya partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan pengembangan pondok pesantren.

Full Text:

PDF

References


Durahman, A. K. (2020). MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM‎ PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-BASYARIYAH‎ KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(2), 189–200.

Finawati, F. (2021). Implementasi Manajemen Humas di Pondok Pesantren Annasyi’in Pamekasan. AR-ROSIKHUN: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(2).

Fitriyah, L. (2019). Peran Kiai Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu. UIN Raden Intan Lampung.

Komariah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 183–198.

Mahmudah, S. (2022). Historisitas Syariah. Mizan Publishing.

Majid, A. (2008). Implementasi manajemen hubungan pondok pesantren dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan Pondok Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mas, S. R. (2011). Partisipasi masyarakat dan orang tua dalam penyelengaraan pendidikan. El-Hikmah.

Monica, A., Ritongs, S., & Suhairi, S. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Skill terhadap Dunia Kerja. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 16–24.

Muniroh, Z. (2021). Partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di MI Darus Salam Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Muslimin, M., Syarifuddin, A., & Hidayat, R. (2017). Komunikasi Interpersonal antara Ustadz dan Santri dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 1(1), 1–31.

Mustanir, A. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Di Kelurahan Kanyuara Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Politik Profetik, 5(2), 247–261.

Nurhidayati, N. (2018). Peran Kegiatan Muhadharah Dalam Membentuk Muballigh/Muballigah (Studi Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi). IAIN Palu.

Simatupang, F. M., Silvia, K., & Nurfadillah, L. (2021). Peran Serta Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan:(Studi Kasus di SMP Citra Bangsa Aceh Utara). Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 6–12.

Susilo, A. A., & Wulansari, R. (2020). Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 20(2), 83–96.

Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017). Peran budaya sekolah dalam pembentukan karakter anak sekolah dasar.

Umam, M. L. (2017). Efektifitas Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Metode Diskusi Buzz Group dalam Pembelajaran PAI Kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(1).

Wulur, M. B., & Hoirunisa, H. (2019). Pola Komunikasi Interpersonal Antar Pembina dan Santri dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Ponre Waru. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi J-KO, 1(2), 55–64.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Ali Basroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)