KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Durahman, A. K. (2020). MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM‎ PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-BASYARIYAH‎ KABUPATEN BANDUNG. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(2), 189–200.
Finawati, F. (2021). Implementasi Manajemen Humas di Pondok Pesantren Annasyi’in Pamekasan. AR-ROSIKHUN: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(2).
Fitriyah, L. (2019). Peran Kiai Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu. UIN Raden Intan Lampung.
Komariah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 183–198.
Mahmudah, S. (2022). Historisitas Syariah. Mizan Publishing.
Majid, A. (2008). Implementasi manajemen hubungan pondok pesantren dengan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan Pondok Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Mas, S. R. (2011). Partisipasi masyarakat dan orang tua dalam penyelengaraan pendidikan. El-Hikmah.
Monica, A., Ritongs, S., & Suhairi, S. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Skill terhadap Dunia Kerja. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(1), 16–24.
Muniroh, Z. (2021). Partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di MI Darus Salam Desa Pesanggrahan Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Muslimin, M., Syarifuddin, A., & Hidayat, R. (2017). Komunikasi Interpersonal antara Ustadz dan Santri dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 1(1), 1–31.
Mustanir, A. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Di Kelurahan Kanyuara Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Politik Profetik, 5(2), 247–261.
Nurhidayati, N. (2018). Peran Kegiatan Muhadharah Dalam Membentuk Muballigh/Muballigah (Studi Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi). IAIN Palu.
Simatupang, F. M., Silvia, K., & Nurfadillah, L. (2021). Peran Serta Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan:(Studi Kasus di SMP Citra Bangsa Aceh Utara). Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 6–12.
Susilo, A. A., & Wulansari, R. (2020). Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 20(2), 83–96.
Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017). Peran budaya sekolah dalam pembentukan karakter anak sekolah dasar.
Umam, M. L. (2017). Efektifitas Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Metode Diskusi Buzz Group dalam Pembelajaran PAI Kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(1).
Wulur, M. B., & Hoirunisa, H. (2019). Pola Komunikasi Interpersonal Antar Pembina dan Santri dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Ponre Waru. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi J-KO, 1(2), 55–64.
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Ali Basroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.