HISTORY AND DEVELOPMENT OF PESANTREN IN INDONESIA

Indah Wahyu Ningsih, Hasan Basri, Andewi Suhartini

Abstract


The research explains the traces of the history and development of Islamic boarding schools in Indonesia using the research method of the library research approach (library research), literature studies are defined as a series of activities related to the method of collecting library data, reading, recording and processing research materials. The results of this study suggest that pesantren is one of the main educational pillars in the development of Islam in the archipelago, historically, pesantren is an inseparable part of the life of the Indonesian people, because in reality the growth of pesantren is in line with the development of Islam in Indonesia. The role of pesantren is not only as an educational institution that educates, guides and trains students, pesantren is also one of the historical forces that is the background of Islamic movements that have emerged in Indonesia. Pesantren is also a sokoguru of Islamic education in Indonesia which has a role not only as an educational institution to educate students but as an institution that plays an active role in fighting for independence and building a unitary state of the republic of Indonesia

Keywords : History, Development, Boarding

 

Abstrak

Penelitian menjelaskan jejak sejarah dan perkembangan pesantren di Indoneisa dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kepustakaan (library research), studi kepustakaan diartikan sebaga serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat dan megolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunujukan pesantren merupakan salah satu pilar pendidikan utama dalam perkembangan agama Islam di Nusantara, Secara historis, pesantren adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, karena secara realita pertumbuhan pesantren sejalan dengan perkembangan Islam di Indonesia. Peran pesantren tidak hanya sebagai lembaga pendidikan yang mendidik, membimbing dan mengkader para santri, pesantren juga menjadi salah satu kekuatan sejarah yang menjadi latar belakang gerakan-gerakan Islam yang muncul di Indonesia. Pesantren juga sebagai sokoguru pendidikan Islam di Indonesia yang memiliki peran tidak hanya sebagai lembaga pendidikan untuk mendidik para santri melainkan juga sebagai lembaga yang berperan aktif berjuang meraih kemerdekaan dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kata Kunci : Sejarah, Perkembangan, Pesantren


Full Text:

PDF

References


Anwar, A. (2011). Pembaharuan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri. Yogykarta: Pusataka Pelajar.

Arifin, I. (1993). Kepemimpinan Kiai : Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Malang: Kalimahsahada.

Asrohah, H. (tt). Lembaga Pendidikan Islam Tradisional di Indonesia . Makalah Sejarah Sosial Pendidikan Islam, 6.

Basri, H. (2003). Ilmu Pendidikan Islam (Jilid II). Bandung: Angkasa.

Daulay, H. P. (2007). Sejarah Pertumbujan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Putra Grafika.

Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Fahry Ali, B. E. (1990). Merambah Jalan Baru, Rekonstruksi Pemikiran Indonesia Masa Orde Baru. Bandung: Mizan.

Faiqoh. (2003). Agen Perubahan di Pesantren. Jakarta: Kucica.

Kafrawi. (2004). Pembaharuan Studi Pondok Pesantren Sebagai Usaha Pembentukan Prestasi Kerja dan Pembinaan Kesatuan Bangsa. Jakarta: Cemara Indah.

Kuntowijoyo. (1987). Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Makruf, M. (2019). Konsep Mewujudkan Kehidupan Yang Seimbang Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Al-Makrifat.

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

Nata, A. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung : Angkasa.

Ningsih, I. W. (2022). Gagasan Islamisasi Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Soemardjan, S. (n.d.). Perubahan Sosial di Yogyakarta. Yogyakarta: Gajahmada Pers.

Sunarto, M. (2005). Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahjoetomo. (1997). Perguruan Tinggi Pesantren : Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jakarta: Gema Insani Pers.

Yunus, M. (1979). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Mutiara.

Zayadi, A. (2019, Oktober Selasa). Kemenag.go.Id. Retrieved from UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, Untuk Siapa?: https://kemenag.go.id/read/uu-nomor-18-tahun-2019-tentang-pesantren-untuk-siapa-zeo68




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andewi Suhartini Suhartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)