IMPLEMENTATION OF THE COOPERATIVE LEARNING MODEL OF INDEX CARD MATCH TYPE TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES

Zaid Zainal, Rasmi Djabba, Wilda Mukhallad

Abstract


The problem in this study is the result of studying the mathematics of students IV UPT elementary school district 211 Punnia Pinrang district. The purpose in this study is to know the application of a cooperative learning Model Index Card Match can enhance the process and rewards of students’ learning how to read and interpret data in the form of a bar diagram in country’s IV UPT SD 211 district Punnia Pinrang. The approach used is a qualitative approach and the type of research is a class action study (PTK). The performance of this study is done in 2cycles beginning with preaction activities, then each cycle consist of 4 stage that include planning execution, observation, ang reflection. Data obtained through observation techniques, tes result and documentation. Instruments on this research are observation sheets, learning test result and documentation. Research shows that in the I category comes from observation of teacher activity with sufficient category and enough student activity observation. Cycle II shows increased results from good category observation of teacher activity and student activity observation increased by good category. Studies related to the results of studying cycle I are only 10 people complete with sufficient categories. Cycle II had an improvement of 15 students with good ratings. The study concludes with cooperative learning models.

Keywords: index card match; cooperative learning; learning outcomes

 

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendah hasil belajar Matematika siswa  kelas  IV  UPT  SD  Negeri 211 Punnia Kab. Pinrang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran  kooperatif  tipe  Index  Card Match  dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang cara membaca dan menafsirkan data dalam bentuk diagram batang di kelas IV UPT SD Negeri 211 Punnia Kab.Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan, kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru dengan kategori cukup dan observasi aktivitas siswa dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa meningkat dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar pada siklus I hanya 10 siswa yang tuntas dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15 siswa yang tuntas dengan kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV UPT SD Negeri 211 Punnia Kab. Pinrang.

Kata Kunci: index card match; pembelajaran kooperatif; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ardiawan, I, K, N., & Wiradnyana, I. G. A. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, Dan Publikasinya). Bandung: Nilacakra.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astining Rahayu, J. A. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share dengan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika di SMK Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2.

Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2013). Teori belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Zainal, Z., Halik, A., & Madania. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v11i1.3421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wilda Mukhallad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)