PENGARUH PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS X DI SMAN 1 PAYUNG SEKAKI
Abstract
Abstract
This study aims to determine the effect of the independent learning curriculum on learning motivation. The method used in this research is quantitative method using random sampling technique, there are 75 samples and only 38 samples are taken. The research was conducted at SMAN 1 PAYUNG SEKAKI IN CLASS X. From the results of this study it was concluded that there was an influence of the independent learning curriculum on the learning motivation of class X students at SMAN 1 PAYUNG SEKAKI, but with the existence of the independent learning curriculum, students' learning motivation was not fixed because this curriculum had just been established. However, there are some students who are motivated by the implementation of this independent curriculum, but some are not. The regression equation can be seen from the intercept coefficient table, namely 7.686 and X 1.349, so the regression equation is Y = 7.686 + 1.349 which means if X is 0 then Y the value is 7.686 and the X is positive 1.349, so the effect is positive between the variables X and Y, so when x increases by 1, y will increase by 1.49.
Keywords :Influence,independent learning curriculum,motivation to learning
Â
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling terdapat sebanyak 75 sampel dan yang diambil hanya 38 sampel. Penelitian dilakukan pada SMAN 1 PAYUNG SEKAKI DI KELAS X. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa adanya pengaruh kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 PAYUNG SEKAKI, namun dengan adanya kurikulum merdelka belajar ini motivasi belajar siswa tidak tetap dikarenakan kurikulum ini baru ditetapkan,namun ada sebagian siswa yang memang termotivasi dengan adanya penerapan kurikulu merdeka ini namun ada juga yang tidak.Persamaan regresinya dapat dilihat dari table koefisien intercept yaitun 7,686 dan X 1,349 jadi persamaan regresinya yaitu Y = 7,686 + 1,349 yang berarti jika X Nya 0 maka Y nya 7,686 dan X nya positif 1,349 jadi pengaruh nya positif antara variabel X dengan Y jadi ketika x naik 1 maka y akan naik 1,49.
Kata Kunci : pengaruh, kurikulum merdeka belajar, motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. 2013. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum 2013.†Aspirasi 4(1): 65–74.
Arviansyah, Muhammad Reza, and Ageng Shagena. 2022. “Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.†Lentera 17(1): 40–50.
Dian, Nita, dan Lina Noersanti. 2020. “Pengaruh Komunikasi, Disiplin, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Extrupack Bekasi Barat.†Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (3): 1–25.
Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.†Lantanida Journal 5(2): 172.
Fadhilah, Tri Nur, Diana Endah Handayani, dan Rofian Rofian. 2019. “Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa.†Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 2(2): 249.
Izza, Aini Zulfa, Mufti Falah, dan Siska Susilawati. 2020. “Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar.†Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020: 10–15.
Kurniawan, Choirul Arif. 2014. “Motivasi Belajar Menurut Al-Zarnuji: Analisis teks motivasi belajar dalam kitab Alala.†Elctronic Thesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: 9–31.
Masni, Harbeng. 2015. “Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.†Dikdaya 5(1): 34–45.
Noor, Tajuddin. 2018. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf.†Universitas Singaperbangsa Karawang (20): 123–44.
Novianti, Nur Raina. 2011. “Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran (Penelitian pada SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat).†Jurnal Penelitian Pendidikan Edisi Khus(1): 154–63.
Rahmawati, Rima. 2016. “Motivasi belajar, fasilitas belajar, lingkungan keluarga dan faktor-faktor lain.†Jurnal Pendidikan dan Ekonomi 5(4): 326–36.
Rofiatun Nisa’, dan Eli Fatmawati. 2020. “Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.†Ibtida’ 1(2): 135–50.
Saat, Sulaiman. 2015. “FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENDIDIKAN (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan).†Jurnal Ta’dib 8(2): 1–17.
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3443
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 voni nur hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.