PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMKN 1 KENDARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap efektivitas pembelajaran di SMKN I Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif korelasional dengan desain ex post facto. Total sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMKN 1 Kendari yang berjumlah 1397 orang. Penentuan besarnya sampel pada setiap kelas dilakukan secara proporsional dengan menggunakan rumus slovin pada presis 10% segingga diperoleh jumlah sampel 100 orang, sedangkan teknik penarikan sampel pada setiap kelas dilakukan secara acak/ random sampling. Data penelitian diperoleh melalui: angket/kusioner dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di SMKN 1 Kendari. Kemudian koefisien regresi sebesar 0,586 dengan arah postifi (searah) yang berarti semakin meningkat pengelolaan kelas maka meningkat pula efektivitas pembelajaran. Selanjutnya dapat pula dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi (R²) = 0,519 yang artinya keragaman variabel efektivitas pembelajaran dapat dijelaskan oleh model sebesar 51,9% dan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas; Efektivitas PembelajaranFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ALIMIN ALWI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.