THE IMPACT OF QUANTUM TEACHING LEARNING MODEL WITH PHET MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES FROM DYNAMIC FLUID MATERIALS

Agustini Kholidah Nasution, Lia Afriyanti Nasution, Elia Putri, Rofiqoh Hasan Harahap

Abstract


This research is motivated by the infrequent use of media and teachers still using the lecture and blackboard method which makes it easy for students to feel bored and bored in the physics learning process at IRA Medan Private High School. The objectives to be achieved are to develop physics learning media with a snake and ladder game using Phet Media Assisted Quantum Teaching on the subject of Dynamic Fluid momentum, to determine the eligibility of validity based on expert assessments, and to know the practicality of media based on student assessments. The stages in development and research include potential and problems, data collection, product design, design validation, and design revision. The product validation stage was validated by 3 validators and students, namely validation by two media experts, one material expert (teacher), and class XI IPA students at SMA IRA Medan. The validation results of the snakes and ladders game using Quantum Teaching Assisted by Media Phet by two validators obtained a score of 4.11 in the appropriate category, and the results of the validation results of the media expert for physics teacher class XI IPA SMA Private IRA Medan obtained a score of 4.23 in the very feasible category, and obtained a score the average of the three experts is 4.15 with a decent category. Based on the responses of the students per aspect, they obtained an average percentage score of 78.67% in the practical category.

Keywords: Learning Media, Phet Media Assisted Quantum Teaching, Dynamic Fluids


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi jarangnya penggunaan media dan guru masih menggunakan metode ceramah dan papan tulis membuat siswa mudah merasakan jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran fisika di SMA Swsata IRA Medan. Tujuan yang ingin dicapai mengembangkan media pembelajaran fisika dengan permainan ular tangga menggunakan Quantum Teaching Berbantuan Media Phet pada pokok bahasan momentum Fluida Dinamis, mengetahui kelayakan validitas berdasarkan penilaian para ahli, dan mengetahui kepraktisan media berdasarkan penilaian peserta didik.. Tahapan dalam pengembangan dan penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Tahap validasi produk divalidasi oleh 3 validator dan peserta didik yaitu validasi oleh dua ahli media, satu ahli materi (guru), dan peserta didik kelas XI IPA SMA Swsata IRA Medan. Hasil validasi permainan ular tangga menggunakan Quantum Teaching Berbantuan Media Phet oleh dua validator memperoleh skor 4,11 dengan kategori layak, dan hasil validasi ahli media guru fisika kelas XI IPA  SMA Swsata IRA Medan memproleh skor 4,23 dengan kategori sangat layak, dan diproleh skor rata-rata ketiga ahli 4,15 dengan kategori layak. Berdasarkan respon peserta didik per aspek memproleh nilai rata-rata persentase sebesar 78,67% dengan kategori praktis.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Quantum Teaching Berbantuan Media Phet,  Fluida Dinamis



Full Text:

PDF

References


Anderson, L., Kratchwohl, D., (2015), Kerangka Landasan Pembelajaran dan Asesmen, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Baroroh, H F, Prihandoyo, T., dan Subiki., (2017), Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Flash dalam pembelajaran Fisika di SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6, No. 4 hal (371 – 375)

Deporter, B., (2010), Quantum Teaching, Kaifa, Bandung.

Dimyati, Mudjiono., (2016) Belajar dan Pembelajaran, PT Rhineka Cipta, Jakarta

Fathurrohman, M. (2015), Model-Model Pembelajaran Inovatif, Ar-ruzz media, Yogyakarta

Halliday, D., David, R., dan Jearl, W., (2010). Fiska Dasar Edisi Ketujuh Jilid I, Erlangga, Jakarta

Hardianti, S., dan Juliani, R., (2016) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar Siswa di SMK N 1 Patumbak, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol 2, No. 4 hal (42-48).

Indrasati, H., Indawati., dan Supriadi, B., (2016) Pengaruh Model teaching disertai LKS berbasis Jartun, Fisika terhadap hasil dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Fisika di SMa, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 5, No. 1 hal (30-34).

Kamajaya., (2016), Aktif dan Kreatif Belajar Fisika Kelas XI, Grafindo, Bandung

Mubarok, M.F., Mulyaningsih, S., (2014), Penerapan Pembelajaran Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Media Phet Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 3, No. 1 hal (76-80)

Rohman, F., Kotimah, S., dan Lusiyana, A., (2017), Penerapan Metode Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar Fisika pada Materi Optik, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, Vol 1, No. 1 hal (14-22)

Sanjaya, W., (2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard Proses Pendidikan, Prenada Media Group, Jakarta.

Sagala, S., (2014). Konsep dan Makna pembelajaran, Alfabeta, Bandung.

Silalahi. L., (2014), Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantu Macromedia Flash TYerhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Gerak di Kelas VII SMP N 27 Medan, T.P 2013 / 2014., Skiripsi, FMIPA, Unimed, Medan.

Slameto., (2003) Belajar dan factor-faktor yanbg Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana., (2005), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Sudjana N., (2008), Penilaian Proses Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono., (2016), Metode Penelitian Tindakan, Alfabeta, Bandung

Tanjung R., (2014), Media Pendidikan Sains, Unimed Press, Medan.

Trianto., (2011) Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik, Presentasi Pustaka, Jakarta.

Yanuarti, A., Sobandi, A., (2016), Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Quantum Teaching, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol 1, No. 1 hal (11-18).

GNFI, (2017), Http : //www. goognewsfromIndonesia.id / 2017/09/14/word-economic-form . (diakses pada tanggal 23 Februari 2017).




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.3745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AGUSTINI KHOLIDAH NASUTION, LIA AFRIYANTI NASUTION, ELIA PUTRI, ROPIQOH HASAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)