IMPLEMENTATION OF ETHNOMATHEMATICS OF TANIMBAR COIL BURNING USING PMRI APPROACH TO CIRCLE MATERIALS

Jakobus Dasmasela, Mesak Ratuanik

Abstract


Implementation of learning is based on effective learning planning so that students can absorb the material being taught. The problem in this study is the use of a realistic mathematical approach based on the local wisdom of burning stones in the Tanimbar community. The purpose of this study was to instill students' thinking concepts in solving the local wisdom problems of the Batu Bakar community in Tanimbar by paying attention to a realistic mathematics learning approach. The type of research used is descriptive qualitative research. Implementation of learning conducted in Class VIII, SMP N 1 Kormomolin. The results of learning in this class can be concluded that (1) students' reasoning abilities are very good in understanding mathematical problems contained in the local wisdom of the Tanimbar community. (2) the use of a realistic mathematics learning approach based on tanimbar local wisdom is very good for use in mathematics.

Keywords: Ethnomatematics, PMRI, Batu Bakar


Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran didasarkan pada perencanaan pembelajaran yang efektif agar siswa dapat menyerap materi yang diajarkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan matematis realistik berbasis kearifan lokal pembakaran batu pada masyarakat Tanimbar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menanamkan konsep berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan kearifan lokal masyarakat Batu Bakar Tanimbar dengan memperhatikan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di Kelas VIII SMP N 1 Kormomolin. Hasil pembelajaran pada kelas ini dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan penalaran siswa sangat baik dalam memahami masalah matematika yang terkandung dalam kearifan lokal masyarakat Tanimbar. (2) penggunaan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis kearifan lokal tanimbar sangat baik digunakan dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Etnomatematika, PMRI, Batu Bakar


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika realistik untuk membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373-384.

Dasmasela, J., Urath, S., & Nifanngelyau, J. (2021). Etnomatematika Seni Rupa Patung Tumbur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 36-47.

Julianti, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Iv Dengan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Sd Negeri 2 Way Dadi Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Nasional, D. P. (2006). Lampiran Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Jakarta: Depdiknas.

Mansah, H., & Safitri, I. (2022). The Effectiveness of Improving Student Mathematics Literacy Through The Use of The Facebook Application. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 683–693. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4743

Matematika, P., Budaya, B., Lerebulan, E., Nifmaskossu, R., Grace, E., Matematika, P., Saumlaki, U. L., Bahasa, P., & Saumlaki, U. L. (2022). Mathematical Learning Based On Tanimbar Culture. 4(2), 123–133.

Ratuanik, Mesak; Lolonlun,Blasius; Bacori, Z. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Wertamrian Kabupaten Kepulauan. 9(3), 916–930.

Ratuanik, M. (2019). Pemahaman Siswa Kelas VIII B SMP Santo Aloysius Turi Tentang Relasi dan Fungsi Setelah Penerapan PMRI. Prisma, 2, 813–820.

Ratuanik, M., & Feninlambir, S. (2022). Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanimbar Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1105–1119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1042

Ratuanik, M., & Filindity, A. (2021). Etnomatematika: Konsep Geometri Pada Perahu Batu Di Desa Sangliat Dol Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(2), 109–122.

Ratuanik, M., Wermpinan, W., Bacory, Z., & Batkunde, Y. (2021). Pemahaman Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Saumlaki Tentang Lingkaran Setelah Penerapan PMRI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1322–1331.

Rezekiah, P. T., Safitri, I., & Harahap, R. D. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1251–1267. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1325

Watratan, Y., Ratuanik, M., & Srue, O. (2021). Etnomatematika Pertanian Penghasilan Kacang Tanah Desa Lamdesar Timur Kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Leibniz: Jurnal Matematika, 1, 21–35.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh pendekatan pendidikan realistik matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Prosiding Semirata 2013, 1(1).

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jakobus Dasmasela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)