IMPROVEMENT OF MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES MATERIAL ON FLAT WAKE THROUGH IMAGE MEDIA IN GRADE IV STUDENTS OF SD NEGERI 21 PULAU PUNJUNG FOR THE 2019/2020 ACADEMIC YEAR

Umi Putri Yanti

Abstract


This research was motivated by a lack of motivation in learning mathematics in grade IV A SDN 21 Pulau Punjung. This research was conducted to increase student learning motivation in mathematics by using image media in class IV A SDN 21 Pulau Punjung. The method used is class action research conducted by planning, enforcement, and reflection. The analysis uses a picture of student learning outcomes seen from the absorbency and completeness of student learning described descriptively. The results showed an increase in mathematics learning outcomes through image media, as seen in the average student activity from cycle I reaching 51.01%, and experienced an increase in cycle II, reaching 54.5% to 83%. The increase is also found in students' learning absorption starting from procyclical, reaching 51.36% increased to 80.9% in cycle III.

Keywords: learning outcome, math.


Abstrak

Penellitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dalam pembelajaran matematika di kelas IV A SDN 21 Pulau Punjung. Penelitian ini dilakukan dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media gambar di kelas IV A SDN 21 Pulau Punjung. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan perencanaan, penindakan, dan refleksi. Analisis menggunakan gambaran hasil belajar siswa yang dilihat dari daya serap, ketuntasan pembelajaran siswa yang dijabarkan secara desktiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran matematika melaui penggunaan media gambar tampak pada rerata aktivitas siswa dari siklus I mencapai 51,01% mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 54,5 % meningkat menjadi 83% pada . peningkatan juga terdapat pada daya serap siswa dalam pembelajaran dimulai dari prasiklus mencapai 51,36% meningkat menjadi 80,9% pada siklus III.

Kata Kunci: hasil belajar, matematika, media gambar


Full Text:

PDF

References


Agustyani, T. N., Abidin, Y., & Rakhmayanti, F. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Game terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(1), 280–289.

Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media. Islamic Communcation Journal, 1(1), 43–54.

Arif, S. A. (2013). Penggunaan Media Gambar Bangun Datar sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Jubelkidul 2 Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Arnita. (2017). Inovasi Metode dan Media dalam Pembelajaran Seni di Indonesia. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 44–51.

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam keluarga : upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak (1st ed.). RINEKA CIPTA.

Ernanda, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Konsep Bangun Datar dengan Menggunakan Media Gambar Diam di Kelas II SD Negeri 01 Durian Tinggi Kecamatan Kapur IX. THEOREMS, 4(2), 158–168.

Fikri, Z. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Papan Berpaku pada Anak Tunarungu Kelas V di Sekolah Luar Biasa Karnnamanohara Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(11), 1181–1191.

Harahap, D. (2016). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. REKOGNISI: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1(1), 74–83.

Hendrawati. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Bangun Ruang melalui Penggunaan Media Bangun Ruang pada Siswa Kelas VI SD Negeri Karang Asing 04 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogia, 8(4), 43–54.

Juliawati, S. E., & Rahmatunnisa, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar melalui Media Menara Hanoi dan Origami. Holistika: Jurnal Ilmu PGSD, III(1), 53–56.

Latifah, D., Maryam, I., & Darmono, B. P. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan EDMODO terhadap Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMK Kesehatan Purworejo. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), 650–660.

Mu’minah, Halimatul Lim; Suryaningsih, Y. (2020). implementasi STEAM (Science, Technology, Arts and Matematics) dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Education, 5(1), 65–73.

Nuryati. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Matemaika di SD Negeri Sumogawe 01 Kabupaten Semarang. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahayu, S., & Hidayati, N. W. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat 1 Kecamatan Koto Baru Kabupaten Karawang. JPSD, 4(2), 204–215.

Ramadhani, R. G. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP Negeri 18 Pekan Baru. Universitas Islam Riau.

Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171

Setyawati, D., Saputri, A. R., Fani, F. A., & Hajron, H. K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Gambar. Konferensi Ilmiah Dasar, 1186–1194.

Sidi, I. D. (2001). Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Logos Wacana Ilmu.

Sudjana, N. (2011). Supervisi Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah (N. Sudjana, Ed.). Binamitra Publishing.

Utami, J. Y. (2022). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dalam Memahami Materi Statistik melalui Pendekatan CTL pada Siswa Kelas XII Tata Busana SMK Negeri Pringkuku. Humaniora, 9(3), 212–217.

Widayati, G. (2013). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar tentang Bangun Datar dengan Media Gambar pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Sabranglor Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Umi Putri Yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)