MADURA LITERATURE AS A MEDIUM FOR LEARNING MADURESE IN THE GLOBALIZATION ERA
Abstract
Key Word: Madura literature, Madurese, globalization era
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sastra Madura sebagai media pembelajaran bahasa Madura di era globalisasi. Metode penelitian deskripstif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDIT Multazam Pamekasan. Lokasi penelitian adalah SDIT Mulatazam Pamekasan yang terletak di Desa Buddih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan angket. Diperoleh hasil penelitian dan pembahasan karya sastra anak yang digunakan adalah puisi lagu Madura yang berjudul Kembang Malate dan tondhu’ majheng. Dengan penerapan karya sastra anak Madura ini, kemampuan kosakata dan bahasa Madura siswa berkembang pesat. Siswa merasa mudah melafalkan dan memahami makna bahasa Madura jika disampaikan dalam bentuk lagu yang bernada riang gembira sebab berbeda dengan bahasa keseharian, bahasa pada karya sastra bersifat emotis-estetis yang mengekspresikan keindahan. Karena bahasa dalam sastra adalah bahasa yang sifatnya kreatif, misal ada permainan bunyi pada puisi dan pantun, maka dengan membaca intens karya sastra, siswa semakin kretaif penggunaan bahasanya. Siswa menjadi terlatih mengoperasikan struktur gramatika dengan lebih baik dan kreatif. Siswa juga mengetahui tingkatan bahasa yang terdapat dalam bahasa Madura serta penggunaannya dengan tepat. Siswa kini mulai aktif menggunakan Bahasa Madura terutama ketika berkomunikasi bersama teman sebaya.
Kata kunci: Sastra Madura, Bahasa Madura, era globalisasi
Full Text:
PDFReferences
Amalia, L., & Hafsi, A. R. (2019). Menulis Buku Harian Sebagai Terapi Komunikasi Karakteristik Intovert Pada Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(4), 300. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i4.16380
Halik, A. (2021). Layanan Bimbingan Literasi Media (Upaya Peningkatan Berpikir Kritis Mahasiswa) Jurnal Eduscience, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.36987/jes.v8i1.2100
Harahap, R.D. (2015). Analisis RPP dan Pelaksanaannya Berdasarkan KTSP Mata Pelajaran Biologi SMA Swasta di Medan Tembung. Jurnal Eduscience, Vol 2 No. 1. DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v2i1.981
Harahap, R.D. (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Sains Biologi dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Graha Kirana Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Ediscience, Vol. 4 No. 1 DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v4i1.802
Kurniawan, H. (2009). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Graha Ilmu.
Maskur Dwiputro, R., Indra, H., & Rosyadi, A. R. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rayah Al-Islam, 5(02), 247–263.
Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. UGM Press.
Riwayani, S., Harahap, RD. (2022). Does Blended Learning Improve Student’s Learning dependence during the Covid-19 Pandemic? Evidence from a Labuhanbatu University, North Sumatera. : Jurnal Kependidikan. 8 (1), DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4509
Saputra, A., Harahap, RD. (2022). An Analysis of Student Learning Challenges in Elementary School Science Subject. Jurnal Kependidikan. 8 (1), DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4508
Rumidjan. (2013). Dasar Keilmuan dan Pembelajaran Sastra Anak SD. FIP UM.
Rachmah, H. (2019). Blended Learning: Memudahkan Atau Menyulitkan? Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 673–679.
Riwayani, S., Harahap, RD. (2022). Does Blended Learning Improve Student’s Learning dependence during the Covid-19 Pandemic? Evidence from a Labuhanbatu University, North Sumatera. : Jurnal Kependidikan. 8 (1), DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4509
Romansyah, Suriyani, & Safitri, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 133–138. https://doi.org/doi.org/10.32696/jmn.v2i2.82
Sarumpet, T. R. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Yayasan Obor Indonesia
Supeno, S., Fitriani, D. K., Wahyuni, D., & Rahayuningsih, R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Eduscience, 9(2), 294–304. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2643
Tajib, M. (1987). Kumpulan Lagu Madura. Tidak Dipublikasikan.
Tarigan. (1995). Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD.
Winarni, R. (2014). Kajian Sastra Anak. Graha Ilmu.
Widarta, GMA 2020. Application of the jigsaw cooperative learning model to increase motivation and learning outcomes. Indonesian Journal of Educational …, 1 (2), 131–141. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775
Widoyoko. 2018. Assessment of Learning Outcomes in Schools. Learning Library
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3921
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Laili Amalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.