EFFORTS TO FORM HONESTY IN LEARNING PANCASILA EDUCATION AND CITIZENSHIP EDUCATION IN HIGHER EDUCATION

Akhir Abadi Tanjung, Mustopa Husein Lubis

Abstract


Honesty in today's era is increasingly apprehensive. Acts of cheating, violating traffic rules, corrupt behavior, are some of the actions that occur because of the loss of the value of honesty. Lying is an ordinary behavior. This research aims to form honest character through Pancasila Education and Citizenship Education. This Pancasila Education and Citizenship Education course is one of the courses that emphasizes honest behavior. The research was conducted in the agrotechnology class of the North Padang Lawas Institute of Technology and Science with qualitative methods. Data collection techniques using direct observation, interviews with lecturers and students, documentation in the form of pictures, and literacy based on relevant scientific articles. The results showed that the Pancasila Education and Citizenship Education courses succeeded in forming the honest character of students compared to the existence of an Honesty Canteen. The honest behavior of students is in line with the content of the material in this course, which is about values and norms.
Keywords: Honesty; Learning; Pancasila; Citizenship

Abstrak

Kejujuran pada zaman sekarang semakin memprihatinkan. Tindakan mencontek,melanggar peraturan lalu lintas, perilaku korupsi, merupakan sebagian tindakan yang terjadi karena hilangnya nilai kejujuran. Berbohong menjadi perilaku yang biasa-biasa saja.Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter jujur melalui Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan ini merupakan salah satu matakuliah yang menekankan pada perilaku jujur. Penelitian dilaksanakan di  kelas agroteknologi Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utaradengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi langsung, wawancara terhadap dosen dan mahasiswa, dokumentasi berupa gambar, dan literasi berdasarkan artikel ilmiah yang relavan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena bertujuan untuk memahami masalah atau keadaan dari sekelompok individu atau orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan berhasil membentuk karakter jujur mahasiswa dibandingkan dengan keberadaan Kantin Kejujuran. Perilaku jujur mahasiswa sejalan dengan muatan materi dalam mata kuliah ini yakni tentang nilai dan norma

Kata Kunci: Kejujuran; Pembelajaran; Pancasila; Kewarganegaraan


Full Text:

PDF

References


Alfurkan, and Marzuki. “Penguatan Nilai Kejujuran Melalui Pendidikan Antikorupsi Di Sekolah Strengthening of Honest Characters Through Anti-Corruption Education in Schools.†4: 221–31. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk.

Halimah, Lili, Arnie Fajar, and Yayuk Hidayah. 2021. “Pendidikan Anti-Korupsi Melalui Mata Kuliah Pancasila: Tingkatan Dalam Memahami Kejujuran.†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 5: 1–14.

Mulyadi, Dadi, Sapriya Sapriya, and Rahmat Rahmat. 2019. “Kajian Tentang Penumbuhan Karakter Jujur Peserta Didik Sebagai Upaya Pengembangan Dimensi Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) Di SMA Alfa Centauri Bandung.†MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6(2): 220–32.

Nurgiansah, T Heru. 2021. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur.†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 9(1): 33–41.

———. 2022. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius.†Jurnal Basicedu 6(4): 7310–16.

Ryan, Cooper, and Tauer. 2013. “済無No Title No Title No Title.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 10(1): 12–26.

Sembiring, N T B. 2021. “Pemanfaatan Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter.†… : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan … 1(2): 37–42. https://journal.actual-insight.com/index.php/pijar/article/view/965.

Sudarmin , Muhajir, Dideng Kadir. 2021. “Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran.†04: 259–62.

Suhandi, Awalia Marwah, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2022. “Penerapan Perilaku Jujur Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar.†Academy of Education Journal 13(1): 40–50.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Akhir Abadi Tanjung, Mustopa Husein Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)