THE EFFECT OF TEACHER'S ACCURACY IN IMPLEMENTING LEARNING IMPLEMENTATION PLANS (RPP) ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN AQIDAH AHLAK SUBJECT AT MAN

M. Dahlan Rabbanie, Fitri Widyasari, Kholil Nawawi

Abstract


Aqidah Akhlak material is one of the materials taught at MAN which contains divinity and attitudes. This material is very important to be taught to students so that they can know their God and be able to interact well with humans. Because of the importance of Aqeedah Akhlak material in MAN, it is expected that teachers can teach well and in accordance with the lesson plans that have been made. The purpose of this study was to determine the effect of the teacher's accuracy in carrying out the learning implementation plan on student learning outcomes in the Aqeedah Akhlak subject at MAN. The method used is a quantitative method with a field study approach. The total population in this study was 275 students with a sample of 159 students in class X MIPA at MAN who were determined using probability techniques with simple random sampling. The data collection technique uses a questionnaire developed in 30 statements. The results of calculating the validity test for both variables show that r count> 0.155. This research instrument has a reliability of 0.900 for the X variable and 0.838 for the Y variable. Furthermore, the data normality test results are 0.200. Meanwhile, the homogeneity test obtained a result of 0.181. The results showed that the teacher's accuracy in implementing the learning implementation plan had an influence on student learning outcomes as evidenced by the results of data analysis of 0.706 with a determination value of 0.499 or 49.9%.

Keywords: Aqidah Akhlak; Learning outcomes; Teacher's Accuracy


Abstrak

Materi aqidah akhlak adalah salah satu materi yang diajarkan di MAN yang berisi tentang ketuhanan dan sikap perilaku. Materi ini sangat penting untuk diajarkan pada peserta didik agar mereka bisa mengenal Tuhannya dan mampu berinteraksi dengan baik terhadap manusia. Karena pentingnya materi aqidah akhlak di MAN, maka diharapkan guru dapat mengajar dengan baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ketepatan guru dalam melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi lapangan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 275 orang peserta didik dengan sampel sebanyak 159 orang peserta didik kelas X MIPA di MAN yang ditentukan menggunakan teknik probabilitas dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dikembangkan dalam 30 pernyataan. Hasil perhitungan uji validitas untuk kedua variabel menunjukkan bahwa yaitu r hitung > 0,155. Instrument penelitian ini memiliki reliabilitas sebesar 0,900 untuk variabel X dan 0,838 untuk variabel Y. Selanjutnya untuk hasil uji normalitas data sebesar 0,200. Sedangkan, uji homogenitas memperoleh hasil sebesar 0,181. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan guru dalam melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik terbukti dari hasil analisis data sebesar 0,706 dengan nilai determinasi sebesar 0,499 atau 49,9%.

Kata Kunci: Aqidah Akhlak; Hasil Belajar; Ketepatan Guru


Full Text:

PDF

References


Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Micro Teaching. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.91

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241

Arifin, Z. (2022). Urgensi Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Ifkar, 17(1), 44–62.

Astawa, I. B. M. (2015). Memahami Kewajiban Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 16(1), 14–26.

Banna, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 16(1), 101–107. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-04

Elean, G. O., Posumah, J. H., & Ruru, J. M. (2020). Perencanaan Pembangunan Sistem Air Bersih Di Desa Ranolambot Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 6(95), 56–60.

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2020). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734

I Kadek Yogi Mayudana, I. K. S. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan RPP (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). Ijed (Indonesian Journal of Educational Development), 1(1), 62–70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682

Jannah, W. (2021). Menjadi Guru Profesional: Memahami Hakikat dan Kompetensi Guru. 1–8. https://doi.org/10.31219%2Fosf.io%2Ffcq4t

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Kamiludin, J. (2021). Pelaksanaan In House Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP. Jurnal Pedagogiana, 8(49), 1–9. https://doi.org/10.47601/ajp.57

Lathifah, A. (2018). Hubungan Antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Al-Adli Palembang. In Bulletin of the Polish Academy of Sciences: Technical Sciences. https://doi.org/10.1515/bpasts-2016-0041

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syâfi’î. Jurnal Edukasi Islami, 6(12), 21–43.

Murhanadi. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

Mutiyati, M., & Yuniarti, Y. (2020). Implementasi Pendidikan Pada Masa Covid-19 Dalam Perspektif Sosiologi. Edification Journal, 3(1), 111–123. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.207

Pangemanan, M., K, M., & Ratag, L. (2022). Pengaruh Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Mekanisasi Pertanian Di SMK Kristen Tombatu. Jurnal Gearbox Pendidikan Teknik Mesin. 2, 105–111.

Prasetiya, B. (2019). Analisis Studi Korelasional Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 165–184. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3484

Prilanji, F. B., Simanjutak, V. G., & Haetami, M. (2019). Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–10.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Rindarti, E. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Melalui Pendampingan Berkelanjutan Di MA Binaan Kota Jakarta Pusat. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 1–19. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.221

Rozaq, M. I. (2019). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jepang Di Kelas X SMA. Hikari Unesa, 3(2) 1–9.

Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. PT. Indragiri Dot Com.

Sarimaya, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Coblong Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia. Doctoral dissertation, FKIP UNPAS, 12–47.

Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.

Sulistyowati. (2019). Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Menulis Surat Resmi Melalui Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VI SD 6 Getassrabi. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.3436

Syamrabusta, R. S. (2020). Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan. Jurnal Pendidikan: Asatiza, 1(April), 108–117. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.62

Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi MAN Rejang Lebong). Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(3), 263–274. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i3.488

Yani, M. (2021). Hakikat Guru Dalam Pendidikan Islam. Sultra Educational Journal, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i2.158

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 197. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.297

Yusniar. (2021). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sinjai Utara. Skripsi PAI IAI Muhammadiysh Sinjay.

Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58.

Zulhendri, Z., & Sukoco, P. (2021). Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Drive Pada Ekstrakurikuler Bulutangkis. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpok.v2i1.17995




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M. Dahlan Rabbanie, Fitri Widyasari, Kholil Nawawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)