IMPLEMENTATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA USING POWER POINT MEDIA AND PHET ON STUDENTS' PHYSICS LEARNING OUTCOMES IN HIGH SCHOOL

Hajar Mawaddah, Khairiah Khairiah, Lia Afriyanti Nasution, Jafri Haryadi, Putri Pratiwi Lestari, Rita Destini, Putut Marwoto

Abstract


The study aimed to determine of implementation and the study result of physics student’s taught by the interactive learning media using the power point and PhET interactive simulation project and study result of physics student’s taught by using the power point slides on the subject of characteristics wave in the second semester at the class XI in SMA Swasta Sinar Husni Helvetia Medan. The type of research is experimental by post-test control group design. The population in the study were all student consisting of 2 classes with amount student of 70 people. Sample in this research is the total from the population. The instrument that use to determine students learning outcomes was the result test in the  from of multiple choice questions with 24 number by 5 options of answer. The result showed that the average score of the study result of physics student’s taught by the interactive learning media using the power point and PhET interactive simulation project  that (X1) is x = 16,73 and s1 = 3,281729407, while the average score of the study result of physics student’s taught by the power point slide that (X2) is x = 14,87 and s2 = 3,135055251. Hipotesis data obtanined ttesting = 2,42 with ttable=1,997 with that mean there were a difference in the study result of the physics that significant at the implementation of the interactive learning media using the  power point and PhET interactive simulation project  for the student’s learning result of physics.

 

Keywords : power point media, PhET interactive simulation project, result of studying physics

 

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan dan memiliki peran penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi serta hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran interaktif menggunakan  media power point dan PhET interactive simulation project dan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media slide power point pada pokok bahasan karakteristik gelombang kelas XI semester II di SMA Swasta Sinar Husni Helvetia Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental yang melibatkan variabel-variabel tertentu untuk menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika siswa dengan desain kelompok kontrol pos test (post-test control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Semester II di SMA Swasta Sinar Husni Helvetia Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 70 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah totalitas dari populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 24 soal dengan 5 opsi jawaban. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran interaktif menggunakan media power point dan phet interactive simulation project (X1) adalah x = 16,73 dan s1 = 3,281729407, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika yang diajarkan dengan media slide power point (X2) adalah x = 14,87 dan s2 = 3,135055251. Uji hipotesis data diperoleh thitung = 2,42 dengan ttabel=1,997 yang berarti ada perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan pada implementasi media pembelajaran interaktif menggunakan media power point dan PhET interactive simulation project terhadap hasil belajar fisika siswa.

Kata kunci : media power point, PhET interactive simulation project, hasil belajar fisika


Full Text:

PDF

References


Adrian, W., & Palloan, P. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Malunda. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2). https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.17

Ahmad, M. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Media Audio-Visual dan Media Power Point. Jurnal MIPA, 12(4).

kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015:Mata Pelajaran IPA SMP/MTs.

Mahmudi, A. (n.d.). Pemanfaatan Geogebra dalam pembelajaran matematika. In Makalah terdapat pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Maternatika. Seminar Diselenggarakan Oleh Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta.

Ma’rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep geometri mahasiswa berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2).

Nopiyani, D. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realislik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Mosharafa. Jurnal Pendidikan Matematika.

Nur’aini, I. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan Geogebra. Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.

Purwanti, R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Malematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jumal Pendidikan Matematika.

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Rahmad, F., Smk N, S., & Jambi, M. (2017). Metode Power Point Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 1(1).

Ramadani, E. M., & Nana, D. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature Review. In Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) (Vol. 8, Issue 1).

Resti Andriani, M., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar -FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, P. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 Sdn Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang.

Sakdiah, H., & Reni Sasmita Pendidikan Fisika STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Berbantukan Media Simulasi Phet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 2355–5785. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Santi, T. K. (2012). Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Progresif, 7(21).

Sari, F. K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Jumal Pendidikan Matematika.

Wicaksono, I. (n.d.). Phet (Physics Education Technology) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Vol. 5). Jurnal Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hajar Mawaddah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)