IMPLEMENTATION OF IVAN PAVLOV'S THEORY IN FORMING STUDENTS' ISLAMIC CHARACTER AT ASWAJA DARUL FALAH ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL

Nurhandayani Hasanah, Siti Alfiyana Rahmatillah, Esa Nur Wahyuni

Abstract


The phenomenon of the moral degradation of students' character is a hot topic of conversation in the world of education in modern times. The policies implemented in establishing character education as a reference for improving student morale. This study seeks to reveal the formation of Islamic character values through Ivan Pavlov's habituation method which was designed by the teacher, namely through stories of friends, songs, games, and hadiths. The method used is descriptive qualitative research. Researchers see the phenomena that occur in the field, then put it into a narrative form. The result of the research is that there is a change in Islamic character through the implementation of Ivan Pavlov's Theory in Forming the Islamic Character of Students at Aswaja Darul Falah Islamic Elementary School.

Keywords: Ivan Pavlov's Theory, Islamic Character, Elementary School


Abstract

Fenomena degradasi moral karakter peserta didik menjadi perbincangan yang hangat dalam dunia pendidikan pada zaman modern. Kebijakan yang diterapkan dalam menetapkan pendidikan karakter sebagai acuan untuk memperbaiki moral peserta didik. Urgensi penelitian ini dapat membantu mengidentifikasi bagaimana penerapan prinsip-prinsip pembelajaran dengan teori Ivan Pavlov dapat membantu proses membentuk karakter Islami siswa di Sekolah Dasar Islam Aswaja Darul Falah. Jika metode tersebut terbukti efektif, hal ini dapat berdampak positif pada pengembangan akhlak dan perilaku Islami siswa. Pembentukan nilai-nilai karakter Islami melalui metode pembiasaan Ivan Pavlov dengan metode dari guru yaitu melalui kisah sahabat, lagu, games, dan hadist. Metode yang digunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Peneliti melihat fenomena yang terjadi di lapangan, kemudian menuangkannya kedalam bentuk narasi. Hasil penelitian yaitu adanya perubahan karakter maupun sikap Islami melalui implementasi Teori Ivan Pavlov pada Siswa di Sekolah Dasar Islam Aswaja Darul Falah

Keywords: Teori Ivan Pavlov, Karakter Islami, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Agung Prihatmojo, Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Jurnal Riset Pedagogik, 4(1).

Ani Jailani, Chaerul Rochman. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa. 10(2).

Arifin, S., Negeri, S., & Kulon, G. (2018). PENANAMAN KARAKTER ISLAMI MELALUI PROGRAM HAFALAN TAKHASUS DI SD NEGERI 3 GONDANGLEGI KULON TAHUN AJARAN 2017/2018. 1(1).

Baharuddin & Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Bk, M. K. U., & Hamna, H. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6866

Chandra, P., & Saufiqi, A. (2022a). Implementasi Teori Behaviorisme Ivan Pavlov dalam Membentuk Pola Perilaku Islami Pelajar di Bengkulu Tengah. 1.

Gusti, H. (2021). Degradasi Moral Dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere-Liye: Perspektif Sosiologi Sastra. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(1), 15–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.31791

Hapsari, E. D. (2017). IMPLEMENTASI TEORI BEHAVIORISMEDALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR CERITA. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Haslinda. (2019). Classical Conditioning. Jurnal Network Media, 2(1).

Jamin, H. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU.

Jumrawarsi & Neviyarni Suhaili. (2020). Peranan Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3).

Kurniawati, R., Amalia, A. R., & Khaleda N, I. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Budaya Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8304–8313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3719

Lampola Sitorus, Aldi Herindra. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. 3(5).

Mattehew B. Miles, A. Michael Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis; a Methods Sourcebook.

Molli Wahyuni & Nini Aryani. (2020). Teori Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Edu Publisher.

Muzakkir Walad. (2021). STRATEGI PENANAMAN KARAKTER ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.11

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718

Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN.

Purnamasari, N. I. (2020). Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull dan Ivan Pavlov bagi Pendidikan Islam Kontemporer.

Saputra, A. A. (2022). PERBEDAAN TEORI JEAN PIAGET DAN IVAN PAVLOV.

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). EFEKTIVITAS PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MACRO POWERPOINT BAGI GURU. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107

Saufiqi, A. (2021). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU 202.

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. QUALITY, 6(1), 16. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966

Sudarti, D. O. (n.d.). KAJIAN TEORI BEHAVIORISTIK STIMULUS DAN RESPON DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA.

Sugiharto, R. (2017). PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1299

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia.

Utami, V. P., & Fathoni, A. (2022). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai Penguatan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6329–6336. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3239

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Zazuk Mardkiyah. (2021). MODEL PEMBELAJARAN PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DAN AKHLAK MULIA PADA PESERTA DIDIK MI NU TARBIYATUL ISLAM LORAM WETAN JATI KUDUS TAHUN 2021/2022. 01(01).




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhandayani Hasanah, Siti Alfiyana Rahmatillah, Esa Nur Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)