THE EFFECT OF DIRECT LEARNING MODEL ON THE LEARNING OUTCOMES OF IPS STUDENTS IN CLASS VIII SMP NEGERI 1 MUARA LAKITAN
Abstract
 Keywords: Problem Based Learning and Learning Outcomes
Â
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui Pengaruh Model Direct Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Muara Lakitan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan jenis penelitian ekperimen murni. Desain penelitian ini berbentuk pre-test–post-test kontrol group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Jenis instrumen penelitian yang akan digunakan adalah yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 35. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 52. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah kelas VIIIa sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 dan kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27. Kelas kontrol diberikan pembelajaran menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Direct learning pada materi pembelajaran Munculnya Organisasi-Organisasi Pergerakan Nasional di Indonesia, nilai post test rata-rata siswa kelas kontro l73,8 dan kelas eksperimen 83,2. Dari hasil analisis data tes akhirdiperoleh thitung≥  ttabel yaitu thitung =4,565 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikanɑ= 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut jadi dapat disimpulkan ada Pengaruh Model Direct Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Muara Lakitan.
Kata Kunci : Model Direct Learning dan hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto & Rahardjo, Muljo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Mudjijana. (2020). Pelaksanaan Model Direct Instruction Dengan Metode Inquiry Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIIIa SMP Negeri 2 Gerokgak. DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan FKIP UNIPAS, 2(3), 83–95. https://doi.org/https://doi.org/10.37637/dw.v2i3.158
Novayanti, A. A. S. M., Santyasa, I. W., & Sudarma, I. K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP DEMOKRASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUBU Program Studi Teknologi Pembelajaran , Program Pascasarjana. 9(2).
Nurhayati, D. & F. U. (2021). Tantangan Pendidikan di Bidang Pembelajaran di Era Digital, dan Solusinya. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional 2021, 1, 327–338. Retrieved from https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/221
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yuliana. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Tiara Anggra Yeni Supriyanto, Yeni Asmara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.