THE ROLE OF HISTORY TEACHERS IN SHAPING THE CHARACTER OF LOVE FOR THE COUNTRY OF CLASS X STUDENTS OF SURULANGUN STATE SENIOR HIGH SCHOOL
Abstract
The purpose of this research is to describe the role of the History Teacher in the formation of the character of loving the motherland. In the research method used is qualitative research with a descriptive approach. The subjects in this study were the teachers and students of SMA Negeri Surulangun. The collection of data used is the first observation, interviews, documentation and the last questionnaire. The results of the study show that (1) the role of the history teacher in forming the character of students' love for the homeland is the teacher as a guide, educator, adviser, motivator, mediator and evaluator. (2) the obstacles encountered by the teacher in the process of forming the character of loving the homeland include learning media, lack of enthusiasm for learning.
Keywords: The Rolee of the History Teacher, The Characeter off Love for the Motheerland
Â
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Guru Sejarah dalam pembentukan karakter cinta tanah air. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri Surulangun. Pengumpulan data yang digunakan adalah yang pertama observasi, wawancara, dokumentasi dan yang terakhir angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru sejarah dalam membentuk karakter cinta tanah air siswa adalah guru sebagai pembimbing, pendidik, penasehat, motivator, mediator dan evaluator. (2) kendala yang dihadapi guru dalam proses pembentukan karakter cinta tanah air antara lain media pembelajaran, kurangnya semangat belajar.
Kata kunci: Peran Guru Sejarah, Karakter Cinta Tanah Air
Full Text:
PDFReferences
Harah, S. (2019). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MA NW Toya Lombok Timur. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 6(1), 55–75. https://doi.org/10.29408/jhm.v6i1.3729
Hardani, D. (2020). METODE PENELITIAN Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Istra Nelli, Kaksim, R. N. (2015). Peran guru sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa kelas X di SMAN 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal STKIP PGRI Sumbar.
Jumardi, J. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sejarah Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 70–80. https://doi.org/10.21009/jps.062.08
Lestari, I. & N. R. H. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 195–200. Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/575
Lisnawati, A., Asyahidah, N. L., & Arifin, M. H. (2022). Peran Pembelajaran Sejarah dalam Pembentukan Karakter Nasionalisme pada Siswa. MAHAROT: Journal of Islamic Education, 6(1), 2580–3999. Retrieved from http://ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Yogyakarta: Alfabeta.
Suraya, F., Sulistyarini, & Noor, A. S. (2020). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Cinta Tanah Air Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(4), 1–10.
Susilo, A. dan S. A. H. (2021). Hubungan Semangat Belajar Sejarah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan IPS, 11(2), 95–100. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpi.v11i2.511
Utami, A. D., Asnar, A., & Pardosi, J. (2017). Peranan Guru Sejarah dalam Menanamkan Rasa Nasionalisme Siswa Kelas X di SMA Negeri 14 Samarinda. Yupa: Historical Studies Journal, 1(1), 83. https://doi.org/10.26523/yupa.v1i1.9
Winarsih, I., Utomo, C. B., & Ahmad, T. A. (2017). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5(2), 22–29.
DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ayu Wulandari Supriyanto, Agus Susilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.