DEVELOPMENT OF CONTEXTUAL-BASED SNAKES AND LADDERS LEARNING MEDIA IN IPS CLASS IV SDN 8 LUBUKLINGGAU

Bella Cahyati Putri, Eka Lokaria, Novianti Mandasari

Abstract


This study aims to produce a product in the form of Snakes and Ladders Media for social studies learning for fourth grade students of SD Negeri 8 Lubuklinggau to produce snakes and ladders media that is valid, practical and effective. The type of research used is research and development (R & D) using the ADDIE model, the research object is class IV students, totaling 9 people. This data research technique was carried out by observation, interviews and questionnaires. The results showed that the quality of snakes and ladders media from the aspect of validity based on the assessment of linguists, materials and media showed that snakes and ladders media met the valid criteria and an average score of 0.87. While the results of the analysis of the assessment of the practicality of teachers and students on snakes and ladders media meet the very practical criteria with an average score of 83.33%, and are effective with an average of 83.2 very good categories so that it can be concluded that snakes and ladders media social studies learning meets the criteria valid, practical and effective so that it can be used in learning.

Keywords: Development; Media snakes and ladders; Contextual

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Ular Tangga pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 8 Lubuklinggau untuk menghasilkan Media ular tangga yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian digunakan yaitu research and development (R & D) menggunakan model ADDIE, objek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 9 orang. Teknik penelitian data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas media ular tangga yang dilihat dari aspek kevalidan berdasarkan penilaian ahli bahasa, materi dan media menunjukkan bahwa media ular tangga memenuhi kriteria Valid dan skor rata-rata 0,87. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa pada media ular tangga memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor 83,33%, dan efektif dengan rata-rata 83,2 kategori sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa media ular tangga pembelajaran IPS memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif sehingga bisa digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan; Media ular tangga; Kontekstual


Full Text:

PDF

References


Asiah, N., Shawmi, N, A., Megantara, S., Wibowo, r, D., (2021:11). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 8(1). 9-18.

Fusasalam, Y. E., & Elmiati., (2018:47) Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan. 3(1). 45-55.

Pebrianti, R., Friansah, D., Sofiarini, A., (2022:3). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III Sd Negeri 27 Lubuklinggau. Jurnal Linggau Jurnal Of Elementary School Education. 2(3). 1-8.

Muhson., (2010:4). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8(2). 1-10.

Mar’atusholihah, Herlinda., Priyanto, Wawan., & Damayani, Aries, Tika., (2019:257). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 7(3). 253-260.

Nastiti, H, S., Putri, E, K., Mukmin, A, B., (2022:51). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Tindakan Kelas. 3(1). 48-57.

Nurrita, T., (2018:174). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat. 3(1). 171-187.

Vitri, Yolanda., & Iswendi. (2021:14). Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA. Jurnal Entalpi Pendidikan Kimia. 11-19

Zuhriyah (2020:27). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 3(2). 26-32.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bella Cahyati Putri Bella Cahyati Putri, Eka Lokaria, Novianti Mandasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)