ANALYSIS OF THE URGENCY OF ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT GLOBALIZATION ERA

Ali Munirom

Abstract


Advances in science and technology are currently growing in supporting education in Indonesia. Educators and students must be able to balance so as not to be left behind by other regions outside Indonesia. The purpose of conducting this research is to find the urgency of management of Islamic education in the era of globalization. This research is a type of library research. Library research is research that is carried out using literature in the form of books, notes and research reports from previous studies. The data that the researchers will use in this study are obtained from books, articles and websites related to this research. The approach used in this research is a qualitative approach. The qualitative approach is a descriptive research and tends to use analysis. Process and meaning are highlighted in qualitative research. The results of the study above found that the urgency of education management has an important role starting from planning, organizing, directing to supervising in creating an ideal education in the era of globalization. Islamic education management is the implementation of Islamic values that are instilled in carrying out activities carried out by Muslims both in economic, social and educational activities. The existence of an Islamic sharia basis can be a person's control in carrying out life in this era of globalization where the rationality of the human mind is prioritized so that if the sharia values are not instilled in oneself they can be lost.

Keywords: Management of Islamic Education, Globalization Era

 

Abstrak

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin berkembang dalam menyokong pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidik dan peserta didik harus mampu mengimbangi agar tidak tertinggal dengan wilayah lain diluar Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menemukan urgensi manajemen pendidikan Islam era globalisasi. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian library research. Library research merupakan adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) baik berupa buku, catatan maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Data yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini peneliti peroleh dari buku-buku, artikel dan website yang berkaitan dengan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam riset ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.  Hasil penelitian menemukan bahwa urgensi manajemen pendidikan islam ditengah-tengah era globalisasi memiliki perang penting mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan hingga pengawasan. Manajemen   pendidikan   islam   adalah   implementasi   dari   nilai-nilai   islam   yang ditanamkan  dalam  menjalankan  kegiatan  yang dilakukan oleh muslim baik dalam kegiatan ekonomi, sosial maupun pendidikan. Adanya landasan syariat Islam dapat menjadi kontrol seseorang dalam menjalankan kehidupan di era globalisasi ini dimana rasionalitas fikiran manusia lebih diutamakan sehingga nilai-nilai syariat jika tidak ditanamkan dalam diri dapat saja hilang.

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Islam,  Era Globalisasi


Full Text:

PDF

References


A. Maolani, R., & Cahyana, U. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Adnan, M. (2019a). Urgensi Penerapan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Global. Munaqasyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 77–112.

Adnan, M. (2019b). Urgensi Penerapan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Global. LPPM STIB Banyuwangi, 1(1), 78–113.

Andriani, N., & Subiyantoro, S. (2022). IMPLEMENTASINILAI-NILAI KETUHANAN DAN KEMANUSIAANDALAMUPAYAMENINGKATKANKARAKTERTOLERANSIBAGI PESERTADIDIKDI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RIMO. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(2), 27–33. https://doi.org/https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i02.213

Anjana, F., & et. al. (2022). PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MA AINUL HASAN DI ERA GLOBALISASI. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(4), 458–468. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i4.2467

Bambang, & Afdal, S. (2023). ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT. Jurnal Media Ilmu, 1(2), 107–114.

Bukhari, M., & et. al. (2005). Azas-Azas Manajemen. Aditya Media.

El Iq Bali, M. M., & Fadli, M. F. S. (2019). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Santri. Palapa: Jurnaal Studi KeIslaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.164

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581

Hafidudin, D., & Tanjung, H. (2013). Manajemen Syariah dalam Prkatik. Gema Insani.

Husna, A. (2021). Akhlak Santri di Era Globalisasi. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.265

Jannah, R. (2023). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Konteks Teknologi Digital. Jurnal Cahaya: Mandalika, 435–443.

Melani, F., & et. al. (2022). Peran Pondok Pesantren Bani Rancang Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Santri Di Era Globalisasi. Pendekar: Jurnal Pendidikan …, 5(2), 98–103. https://doi.org/http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, G., & et. al. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI PADA PONDOK PESANTREN HABIBURRAHMAN. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(1), 41–62.

Muhammad, N., & Murtafiah, N. H. (2023). STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN KONTEMPORER. An Najah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Agama, 02(02), 41–46.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. PT. Rosda Karya.

Ritonga, N. A. P., & Aslami, N. (2023). In The Era Of Globalization: How Islamic Education Manages Change. Journal of Nusantara Economic Science (JNES), 1(2), 73–80. https://fabelio.com/blog/10-ragam-batik-populer-indonesia/

Robbin, & Coulter. (2007). Manajemen (8th ed.). Indeks.

Safira, S., & et. al. (2023). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(7), 1278–1285.

Saini, M., & Latipah, S. (2022). Pendidikan Karakter Santri Berbasis Pesantren Tahfidzul Qur’an di Desa Jabon Kertosono Nganjuk. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 184–194. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1337

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Terry, G. R. (2016). Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi Aksara.

Wahdaniya, & Malli, R. (2021). The Urgency of Islamic Education in Facing the Challenges of Modernity. Tarrbawi, 6(2), 158–175.

Yamin, M. (2019). Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Diva Press.

Z., A. A. (2015). Urgensi Manajemen Pendidikan Islam. Umul Quro, 5(1), 24–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i2.1174

Zohriah, A., & et. al. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 704–713. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i3.4081




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i2.4663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ali Munirom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)