MEDIA DEVELOPMENT OF LIFE CYCLE DIAGRAMS OF LIVING THINGS FOR CLASS IV PRIMARY SCHOOL STUDENTS

Kurnia Dwi Lestari, Endang Sri Mujiwati, Kharisma Eka Putri

Abstract


Abstract

In science learning material on animal life cycles in class IV SDN Tarokan 3, the teacher has not used learning media. In the learning process the teacher uses the lecture method which causes students to be less active. This has an impact on students' lack of understanding of animal life cycle material which results in more than 50% of students getting learning outcomes below the KKM. This research aims to (1) determine the validity of life cycle material diagram media products for living creatures for fourth grade elementary school students, (2) determine the effectiveness of living creature life cycle material diagram media products for fourth grade elementary school students, and (3) determine the practicality media product diagram material on the life cycle of living things for fourth grade elementary school students. The research model used is research and development (R&D). Based on this research, the results were: (1) the life cycle diagram media for living creatures was declared very valid with a percentage of 92.05%; (2) the life cycle diagram media for living creatures was declared very effective with a classical completion percentage of 90% in limited trials and 95% in extensive trials; and (3) the media for life cycle diagrams of living things is stated to be very practical with a teacher response percentage of 98.6%, student percentage gains in limited trials of 99.5% and student responses in extensive trials of 99.5%, so that the media can be said to be valid , effective, complete, and influential in improving student learning outcomes. Based on the results of this research, it was concluded that the media for life cycle diagrams of living creatures is valid and suitable for use as learning media for fourth grade elementary school students.

 

Abstrak

Pada pembelajaran IPA materi siklus hidup hewan kelas IV SDN Tarokan 3 guru belum menggunakan media pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa kurang aktif. Hal ini berdampak pada pemahaman siswa kurang terhadap materi siklus hidup hewan yang mengakibatkan lebih dari 50% siswa mendapatkan hasil belajar di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan produk media diagram materi siklus hidup makhluk hidup untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar, (2) mengetahui keefektifan produk media diagram materi siklus hidup makhluk hidup untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar, dan (3) mengetahui kepraktisan produk media diagram materi siklus hidup makhluk hidup untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Model penelitian yang gunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Berdasarkanpenelitian ini mendapatkan hasil (1) media diagram siklus hidup makhluk hidup dinyatakan sangat valid dengan presentase 92,05%; (2) media diagram siklus hidup makhluk hidup dinyatakan sangat efektif dengan presentase ketuntasan klasikal 90% pada uji coba terbatas dan 95% pada uji coba luas; dan (3) media diagram siklus hidup makhluk hidup dinyatakan sangat praktis dengan presentase respon guru 98,6%, perolehan presentase siswa pada uji coba terbatas 99,5% dan respon siswa pada uji coba luas 99,5%, sehingga media dapat dikatakan valid, efektif, tuntas, dan berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa media diagram siklus hidup makhluk hidup valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata kunci:Pengembangan, Media Diagram Siklus Hidup Makhluk Hidup, Pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Sa’dun Akbar. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Universitas Negeri Malang dan Rosda.

Arsyad, Azar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Seni Sejahtera.

Depdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Pengembangan Inovasi Pembelajaran. 2017. Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Cipta.

Harinaldi. 2015. Prinsip-prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains. Jakarta: Erlangga.

Hamdayama. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Febrian Andi. 2019. Peningkatakan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Lab. STKIP Mumahammadiyah Arar pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Diagram Alir dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan, 7(1), 93-105.

Indrastuti, Noor. 2018. Siklus Hidup dan Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Koesnandar, Ade. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom.

Nieveen, Nienke. 2010. Formative Evaluation in eduational Design Research. Dalam Tjeer Plom and Nienke Nieveen (Ed). An Introduction to Educational Design Research. (p:9-35). Netherlands in www.slo.nl/organi-satie/international/ publications.

Pribadi, Benny Agus. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rohani. 2019. Modul Media Pembelajaran. Medan: UIN Sumatra Utara.

Rostiawaty, dkk. 2008. Senang Belajar IPA. Pusat Perbukuan, BSE, Departemen Pendidikan Nasional.

Sadiman, Arief Suhadi. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanaky, AH Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Setiawan, Bambang. 2011. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pemanfaatan Media Diagram Alir Kalor Bagi Siswa Kelas Sepuluh Satu SMA 4 Kota Tegal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(2).

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2019. Media Pengajaran. Bandung: SBA Igensindo Bandung.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Reasearch and Development. Bandung: Alfabeda.

Sumantoro. 2019. Ayo Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: Kanisius.

Sumiati. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wahana Prima.

Suryani, Nunuk, Achmad, dan Aditin Putria. 2019. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutarti, Tatik dan Edi Irawan. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: kencana.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Wulandari dan Khusnul Khotimah. 2011. Pengembangan Media Diagram Arus Berupa Flip Chart untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar Ngabetan Cerme. Surabaya. (Doctoral Dissertation UNESA)..




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i3.4766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KURNIA DWI LESTARI, ENDANG SRI MUJIWATI, KHARISMA EKA PUTRI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)