THE INFLUENCE OF SCHOOL ENVIRONMENT ON THE STUDY DISCIPLINE OF ACCOUNTING STUDENTS AT SMK NEGERI 6 MAKASSAR

Tari nugiyanti, Sitti Hajerah Hasyim, Fajriani Azis

Abstract


The research carried out had the aim of analyzing the influence of the school environment on the learning discipline of accounting students at SMK Negeri 6 Makassar. The research carried out also used a variable in the form of school environment as the independent variable and learning discipline as the dependent variable. As with carrying out the research using the population with all accounting students at SMK Negeri 6 Makassar. In determining the research sample according to the criteria determined in the research, a Proportionate Stratified Random Sampling technique was used, in this case the sample size was 71 students. The research also used a technique to collect research data in the form of documentation and questionnaires. The data collected from this research was discussed using descriptive analysis data analysis techniques, instrument testing, classical assumption testing, and hypothesis testing. In a simple linear regression analysis that has been produced in the school environment, Y=6.383 + 0.387 On the other hand, in the product moment correlation test, a correlation coefficient assessment of 0.798 was obtained and it was declared to be in the high category, meaning that the school environment has a high influence on learning discipline. In an analysis of the coefficient of determination (r2), an assessment was obtained (r2) = 0.637 or 63.7%, which means that the school environment has a contribution to learning discipline of 63.7 percent and the remaining 36.3 percent is found to be influenced by other factors. Another case, in the t-test analysis, results were obtained with a significant assessment of 0.000 < 0.05, which can be interpreted as the school environment having a significant influence on the level of learning discipline, as well as on the acceptance of the hypothesis.

Keywords: School Environment, Learning Discipline.

 Abstrak

Pada penelitian yang dilakukan mempunyai sebuah tujuan guna menganalisis pengaruh lingkungan sekolah pada  kedisiplinan belajar siswa akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar. Penelitian yang dilakukan pula menggunakan sebuah variabel berupa lingkungan sekolah menjadi variabel bebas dan kedisiplinan belajar sebagai variabel terikat. Sebagaimana pelaksanakan penelitian menerapkan  populasi dengan keseluruhan siswa akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar. Dalam menentukan sampel penelitian yang sesuai kriteria yang telah ditentukan dalam penelitian digunakan sebuah Teknik Proportionate Stratified Random Sampling, dalam hal ini didapatkan pada suatu populasi yang ditentukan didapatkan banyaknya sampel 71 siswa. Penelitian yang dilakukan juga menggunakan sebuah teknik untuk mengumpulkan data penelitian yang berupa dokumentasi dan angket. Dalam data yang terkumpul dari penelitian ini dilakukan pembahasan menggunakan Teknik Analisis data analisis deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dalam sebuah analisis regresi linear sederhana yang telah dihasilkan dalam lingkungan sekolah Y=6,383 + 0,387X sebagaimana dapat diartikan setiap dilakukan penambahan 1 nilai lingkungan sekolah, menjadikan penilaian sebuah kedisiplinan belajar terjadi peningkatan yang besarnya 0,387. Lain halnya dalam pengujian korelasi product moment didapatkan sebuah penilaian kofisisen koralsi 0,798 dan dinyatakan berkategori tinggi sebagaimana diartikan lingkungan sekolah berpengaruh tinggi terhadap kedisipiplinan belajar. Dalam sebuah analisa koefisien determinasi (r2) didapatkan sebuah penilaian (r2) = 0,637 atau 63,7% dengan diartikan lingkungan sekolah memiliki kontribusi pada kedisiplinan belajar yang besarnya 63,7 persen dan diperoleh sisa 36,3 persen didapatkan sebuah pengaruh dari faktor lainnya. Lain halnya dalam analisa uji-t diperoleh yang dihasilkan dengan penilaian signifikan 0.000  0,05 sebagaimana dapat diartikan dengan lingkungan sekolah memberi pengaruh secara signifikan pada tingkat kedisiplinan belajar, serta juga untuk hipotesis diterimanya.

Kata Kunci: lingkungan Sekolah, Kedisiplinan Belajar


Full Text:

PDF

References


Achmadi, A., & Lianawati, A. (2021). Penggunaan teknik self-management dalam konseling kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas ix smp negeri 24 surabaya. Helper: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 38(2), 69-78.

Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2329-2338.

Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2329-2338.

Arikunto, S. (2018). Keefektifan manajemen program pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 122-138.

Gunawan, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Model RME (Realistic Mathematics Education) di Kelas IV Sekolah Dasar. Educare, 42-49.

Hasbullah, A. (2017). Aktivitas Fisik, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Cikarang Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Musafah (2019) Hubungan kompetensi guru terhadap pengelolaan lingkungan belajar di ra kecamatan tampan pekanbaru. Ta’lim journal: Journal of Educational Sciences and Teacher Training, 1(1), 111-129.

Noor, J. (2017). Metodelogi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Puspitaningtyas, Z., & Kurniawan, A. W. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Sari, A., Khairadi, A. P., & Piolita, S. (2019). Gerakan Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 190-197.

Sucipta, K. Y. A., & Meitriana, M. A. (2021). Prestasi Belajar IPS Siswa: Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 72-80.

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional).

Sumardi, W. P., Sabillah, B. M., Khaedar, M., & Jusmawati, J. (2022). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 7(1), 35-48.

Syah. (2020). Pengaruh Minat dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 202-213.

Tu’u (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 2(1), 133-148.

Widasworo (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Menajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di SDI ISLAM 01 YMI Wonopringgo. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 60-72.

Wiyani (2019). Manajemen pendidikan karakter dalam metode sentra. Nusra: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 327-339.

Yusuf, Y., bin Tahar, M. M., & bin Mohd Nashoha, M. H. (2018). Keberkesanan Intervensi Membaca Secara Berulang Bersama Rakan Pembaca terhadap Kefasihan Membaca Murid Bermasalah Pembelajaran. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(1), 52-58.




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v10i3.5091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tari nugiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)