EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI POKOK KESEIMBANGAN EKOSISTEM DI KELAS VI SDN 118240 SEI TAWAR KEC. RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN AJARAN 2016/2017

Salmahari Salmahari

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Keseimbangan Ekosistem di kelas VI SDN 118240 Sei Tawar Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPA dengan dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Keseimbangan Ekosistem di kelas VI SDN 118240 Sei Tawar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) sebagai sasaran utama. Dimana penelitian ini berupaya memaparkan upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Keseimbangan Ekosistem di kelas VI SDN 118240 Sei Tawar. Peneliti dalam hal ini adalah sebagai instrumen kunci,. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 118240 Sei Tawar Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 orang, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan.Alat yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 51,95 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 19.51%. pada tindakan siklus I dengan penerapan model PBL (Problem Based Learning) diperoleh nilai rata-rata kelas 58,78 persentase ketuntasan klasikal 46,34% dan nilai observasi aktivitas siswa 62,50%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat yaitu 84,76 jumlah persentase ketuntasan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 95,12% dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat sehingga mencapai 72,92%. Dengan penerapan model PBL(Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Keseimbangan Ekosistem kelas VI SDN 118240 Sei Tawar Tahun Pelajaran 2016/2017.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v3i1.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Salmahari Salmahari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)