UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD PELAJARAN PPKN MATERI PERAN INDONESIA DALAM ORGANISASI INTERNASIONAL MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA SDN 112221 SEI BEROMBANG TAHUNPELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran PPKn, dilihat dari hasil belajar siswa setelah dievaluasi dalam mata pelajaran PPKn materi Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional tidak memuaskan tercatat hanya 10 siswa dari 31 siswa (32,25%) yang tuntas KKM 65, sedangkan 21 siswa dari 31 siswa (67,74%) tidak tuntas. Hal ini disebabkan cara guru yang monoton, dan kurangnya penjelasan yang bervariasi. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran take and give. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 112221 Sei Berombang Kec. Panai Hilir Kab. Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan di dalam kelas dengan menerapkan model pembelajaran take and give saat kegiatan belajar berlangsung, di mana penelitian ini terdiri dari dua siklus. Banyak siswa yang diteliti 37 siswa dimana (1). Pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 43,88 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 13,51%. (2). Pada tindakan siklus I dengan penerapan model pembelajaran take and give diperoleh nilai rata-rata kelas 52,00 persentase ketuntasan klasikal 45,95% dan (3). Pada tindakan siklus II dengan penerapan model pembelajaran take and give diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat yaitu 73,63 jumlah persentase ketuntasan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 94,59% dan (4).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v3i2.791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Erika Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)