MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA PADA SDN 117481 SEI TAMPANG KECAMATAN BILAH HILIR KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 117481 Sei Tampang Kec. Bilah Hilir Kab. Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di dalam kelas dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script saat kegiatan belajar berlangsung, di mana penelitian ini terdiri dari dua siklus. (1). Pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 45,36 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 14,29 % .(2). Pada tindakan siklus I dengan penerapan model pembelajaran cooperative script diperoleh nilai rata-rata kelas 58,93 persentase ketuntasan klasikal 35,71 % dan nilai observasi aktifitas siswa 64,58%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. (3). Pada tindakan siklus II dengan penerapan pembelajaran cooperative script diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat yaitu 72,50. Jumlah persentase ketuntasan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 92,86% dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat sehingga mencapai 81,25%. (4). Dengan penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi keragaman suku bangsa dan budaya Tahun Pembelajaran 2016/2017 di SD.N 117481 Sei Tampang Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v3i2.793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Medina Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)