PENGGUNAAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEMESTER GENAP DI KELAS IVSDN 116460 KAMPUNG BILAH KEC. BILAH HILIR KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN 116460 Kampung Bilah Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 116460 Kampung Bilah yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode latihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan Tes. Tes dalam penelitian ini berupa Tes awal, Postes Siklus I dan Postes Siklus II. Kriteria siswa yang tuntas adalah jika siswa memperoleh nilai > 60, dan tidak tuntas jika siswa memperoleh nilai < 60. Lembar observasi digunakan mengukur tingkat aktivitas pengajaran guru dan aktivitas murid dalam pembelajaran. Dari Penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Pertama: Pada tes awal sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata 47,59 dari 29 siswa, dimana 5 siswa (17,24%) yang memperoleh nilai tuntas yaitu yang mencapai nilai > 60 dan 24 siswa (82,76%) yang belum tuntas yaitu yang memperoleh nilai < 60. Kedua: Pada tindakan Siklus I dengan penggunaan metode Latihan diperoleh nilai rata-rata 57,76, dimana 14 siswa (48,28%) yang tuntas yaitu yang mencapai nilai > 60 dan 15 siswa (51,72%). yang belum tuntas yang memperoleh nilai <60. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari tes awal dengan hasil belajar pada postes siklus I. Ketiga: Pada tindakan Siklus II nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 82,93, dimana 27 siswa (93,10 %) tuntas yang mencapai nilai > 60 dan 2 siswa (6,90%). yang belum tuntas yang memperoleh nilai <60.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v3i2.794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Sulastri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)