Pengaruh Waktu, dan Dosis Adsorben Terhadap Penghilangan Ion Fe dalam Air Sumur Menggunakan Zeolit Alam Teraktifasi secara Kolom Adsorbsi

Dini Hariyati Adam

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Waktu, dan Dosis Adsorben Terhadap Penghilangan Ion Fe dalam Air Sumur Menggunakan Zeolit Alam Teraktivasi.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghilangkan ion Fe yang terkandung dalam air sumur. Kolom yang digunakan menggunakan kolom kaca dengan ukuran panjang 15 cm, diameter 1 cm secara batch dengan laju alir 1,5 mL/menit. Waktu adsorbsi dilakukan dengan variasi 15 menit; 30 menit; 45 menit dan 60 menit, sedangkan variasi adsorben yang digunakan yaitu : 0,5 g ; 1,0 g; 1,5 g; 2,0 g. Dari hasil penelitian diperoleh semakin lama waktu ,bobot adsorben maka semakin meningkat pula kapasitas adsorbsi. Efisiensi penyerapan tertinggi berdasarkan waktu kontak adsorben yaitu pada menit 60 menit sebesar 99,04 %., sedangkan efisiensi adsorbsi optimum berdasarkan bobot adsorben yaitu 2,0 gram dengan nilai efisiensi adsorbsi sebesar 98,01%.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v5i1.884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dini Hariyati Adam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)