Penerapan strategi pembelajaran inquiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Pemda Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2017/2018

Budi Winata Hasibuan

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah Pelajaran PPKn sangat penting untuk diajarkan kepada siswa. Namun kenyataanya pembelajaran PPKn kurang disukai siswa sekolah karena banyak memuat konsep atau topik yang abstrak, yang sulit dipelajari oleh siswa. Rendahnya nilai ujian semester siswa kelas VIII SMP Pemda Rantauprapat pada pelajaran PPKn Guru hanya menggunakan metode ceramah yang kurang mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Kurangnya motivasi belajar siswa dalam belajar PPKn di kelas sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Inquiri dalam meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa di kelas VIII SMP Pemda Rantauprapat. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengarah kepada penggunaan strategi pembelajaran




DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v5i1.888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Budi Winata Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)