ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI KELAS VII DI SMP NEGERI SE- KECAMATAN MEDAN KOTA

Siti Suharni Simamora

Abstract


Pendidikan IPA menjadi suatu bidang ilmu yang memiliki tujuan agar setiap siswa terutama yang ada di SMP memiliki kepribadian yang baik dan dapat menerapkan sikap ilmiah serta dapat mengembangkan potensi yang ada di alam untuk dijadikan sebagai sumber ilmu dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA atau IPA itu sendiri memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas yang mempunyai pemikiran kritis dan ilmiah dalam menanggapi isu di masyarakat. Salah satu metode pembelajaran IPA yang dapat menciptakan kondisi tercapainya hasil konsep keilmuan IPA dan komponen proses keilmuan IPA adalah dengan melaksanakan pembelajaran di laboratorium yang berupa praktikum. Pemanfaatan laboratorium atau kegiatan pratikum (biologi) merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan rasa ingin tahu siswa, aktif, kreatif, inovatif, dan kejujuran ilmiah dalam menghadapi suatu masalah dalam realita kehidupan, sehingga dapat menunjang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan akhirnya tujuan pembelajaran akan tercapai sesuai yang diharapkan.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v5i1.891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Siti Suharni Simamora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)