PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DI SMP DI TINJAU DARI PEMBELAJARAN MATERI BERHITUNG DENGAN PENDEKATAN PMR

Rahma Muti'ah, Irmayanti Ritonga

Abstract


Siswa yang memiliki kecemasan belajar matematika tinggi umumnya disebabkan karena ketidak mampuan mereka mengerjakan matematika bagaimanapun usaha mereka. Semakin mereka berusaha untuk menjawab pertanyaan guru atau soal yang diberikan mereka semakin merasakan pusing, mual dan berkeringat. Sehingga ketika menghadapi soal mereka lebih memilih untuk melihat pekerjaan teman, atau bahkan tidak mengerjakan soal tersebut sama sekali dan mempersiapkan diri untuk menerima hukuman atau sanksi dari guru. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kemampuan awal matematika siswa terhadap kecemasan matematika siswa SMP di Kecamatan NA IX X Kabupaten Labuhanbatu Utara Propinsi Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 NA IX X dan SMP Negeri 2 NA IX X yang diperoleh dengan teknik random. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan Tes kemampuan awal, angket kecemasan matematika dan observasi di kelas.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v5i2.932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahma Muti'ah, Irmayanti Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)