PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 AEK NATAS

Maharani Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan tipe Think Pair Share (TPS) pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Aek natas Tahun pembelajaran 2015/2016. Berdasarkan rata-rata hasil pre test siswa menunjukkan nilai rata-rata pre test siswa adalah X 1 = 34,63 dan SD = 11,09 untuk kelas yang diajar dengan penggunaan model TPS sedangkan kelas yang diajar dengan penggunaan model TGT didapat X 2 = 34,11 dan SD = 11,30. Setelah mendapat perlakuan nilai rata-rata post test siswa yang diajar dengan penggunaan model TPS ( X 1= 83,16 ; SD = 10,23) lebih tinggi dibanding dengan penggunaan model TGT ( X 2 = 75,76 ; SD = 7,72). Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit - 3,783 > ttab 2,004 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara statistik dimana kelas TPS lebih tinggi hasil belajarnya daripada kelas yang menggunakan model TGT pada materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Aek Natas Tahun Pembelajaran 2015/2016.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v4i2.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Maharani Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)