PEMANFAATAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS INTERNET PADA MATERI PEMBELAHAN SEL UNTUK MENIGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP, MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Riswanto Riswanto

Abstract


Demografi pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi muda, dimana sebanyak 35,6 juta atau 26,9% dari total 132,7 juta pengguna internet di Indonesia berusia 10 hingga 24 tahun (APJII, 2016). Literasi digital bermakna kemampuan berhubungan dengan informasi hipertekstual, dalam arti membaca non-sekuensial berbasis sistem komputer atau platform digital (Davis & Shaw, 2011). Dengan demikian, kemampuan membaca, memahami dan analisa berbagai sumber digital sangat penting. Mengingat proses belajar yang dilakukan di sekolah memiliki keterbatasan waktu, maka kemandirian belajar dipandang sebagai suatu hal yang mutlak harus dilakukan oleh peserta didik. Kemandirian belajar peserta didik ini perlu dikembangkan, ditingkatkan dan dibiasakan serta dilatih kepada setiap peserta didik. Karakteristik obyek Pembelahan Sel sulit untuk bisa ditemukan atau dihadirkan secara nyata pada peserta didik, sehingga untuk mempelajari proses Pembelahan Sel, selama ini guru lebih banyak menggunakan media gambar, charta atau model.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v5i2.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Riswanto Riswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)