MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENULIS KREATIF PUISI DI KELAS VII-2 MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIG-SAW DI SMP NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Friska Manurung

Abstract


Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis kreatif puisi melalui stategi pembelajaran kooperatif tipe jig-saw. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar berbentuk essay sebanyak 3 butir soal untuk siklus I dan 3 butir soal untuk siklus II serta lembar observasi/pengamatan terhadap kegiatan proses pembelajaran. Instrumen lembar pengamatan digunakan untuk mengukur proses pembelajaran sementara tes digunakan untuk mengukur hasil belajar. Untuk hasil belajar menyelesaikan soal menulis kreatif puisi dengan indikator standar ketuntasan minimal individu sebesar ≥ 75 dan secara klasikal ≥ 85% memenuhi standar ketuntasan. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 38 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pembelajaran materi pokok menulis kreatif puisi dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jig-saw dapat : 1) Meningkatkan Respon dan Antusiasme untuk lebih menguasai materi pembelajaran pada materi pokok tersebut. 2) Mendukung terciptanya suatu kondisi pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan (PAKEM). 3) Meningkatkan hasil belajar siswa.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v4i2.937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Friska Manurung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)