PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE, TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA HASSAPAKAT NEGERI LAMA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM

Zunaidy Abdullah Siregar

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write, terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x di sma hassapakat negeri lama pada materi pokok ekosistem; Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu 1 kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (Eksperimen A), sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 40 soal dalam bentuk pilihan berganda; Soal telah diuji validitas, relibilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan: (1). Nilai pretest pada model pembelajaran think talk write adaalah nilai tertinggi sebesar 7,0 dan nilai terendah sebesar 3,0, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 4,95 dengan nilai tengah 5,0 dan standar deasi sebesar 1.19. (2). Nilai pretest pada model pembelajaran konvensional adalah nilai teringgi sebesar 6,4 dan nilai terendah sebesar 1,4 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 3,5 dan standar deviasa sebesar 1.05. (3) . Nilai hasil Postest pada model pembelajaran think talk write adaalah terendah 5,6 dan nilai tertinggi 9,6 dengan nilai rata- rata 8,43 dan standar deviasi sebesar 1.18. (4). Sedangkan kelas konvensional diperoleh hasil Postest sebesar dengan nilai terendah 3,3 nilai teringgi 7,5 dengan nilai rata- rata 6,5 dan standar deviasi 1.04. (5) Ada pengaruh yang signifikan terhadaphasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write, dibandingkan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional.



DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v4i2.940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Zunaidy Abdullah Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)