ANALISIS RPP DAN PELAKSANAANNYA BERDASARKAN KTSP MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA SWASTA DI MEDAN TEMBUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran dokumen perencanaan RPP guru dan pelaksanaannya, faktor-faktor yang menyebabkan kesesuaian dan ketidaksesuaian dokumen RPP dengan pelaksanaannya pada mata pelajaran biologi SMA Swasta di Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Swasta kelas X yang ada di Medan Tembung dan perangkat pembelajaran dokumen RPP. Data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian dokumen RPP, lembar observasi dan lembar wawancara yang terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil analisis data yang diperoleh dari lembar penilaian dokumen RPP guru dimana pada komponen umum (100%). Pada bagian indikator (93,5%), Tujuan pembelajaran (94%), materi pembelajaran (88,25%), metode pembelajaran (90%), sumber belajar (79,75%), alokasi waktu (73,25%), kegiatan pembelajaran (83,20) dan penilaian hasil belajar (71,16%). Dari hasil penilaian dokumen RPP maka akan diadakan observasi pelaksanaan dengan katagori >80%. Berdasarkan observasi guru-guru SMA Swasta di Medan Tembung pada komponen pra pembelajaran (71,04%), membuka pelajaran (83,12%), penguasaan materi pembelajaran (91,04%), pendekatan/strategi pembelajaran (76,52%), pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran (64,4%), pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa (81,50%), penilaian proses dan hasil belajar (67,50%), penggunaan bahasa (84,02%), dan penutup (73,95%). Faktor yang menyebabkan kesesuaian RPP dan pelaksanaannya yaitu kemampuan guru memotivasi siswanya untuk belajar, metode yang digunakan bervariasi, dan media dan sumber belajar telah tersedia, dan kemampuan guru mencari media alternativf. Faktor yang menyebabkan ketidaksesuaiaan RPP dengan pelaksanaannya yaitu ketidakmampuan guru untuk memotivasi siswa dalam belajar, hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, sumber dan media pembelajaran hanya berasal dari buku pegangan guru, tanpa mencari media alternatif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v2i1.981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Risma Delima Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduscience (JES) by LPPM Universitas Labuhanbatu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)