PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI PADA MATERI SEL DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ISLAMIYAH SUBULUSSALAM SUMBEREJO
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind
Mapping) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI padaMateri SelDi Madrasah Aliyah Swasta
Islamiyah Subulussalam Sumberejo T.P 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat kuasi
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah
Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah
total 62 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas paralel. Sampel dalam penelitian ini merupakan
populasi penelitian. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design, yaitu:
Kelas pertama diajarkan dengan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) jumlah 32
siswa, dan kelas kedua diajarkan dengan pembelajaran konvensional, yakni ceramah-tanya
jawab jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berjumlah 36 soal
pilihan berganda yang telah valid. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t
dengan melihat perbandingan hasil belajar siswa pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian
ini diperoleh bahwa: Terdapat terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind
Mapping) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa padaMateri Sel Di Madrasah Aliyah Swasta
Islamiyah Subulussalam Sumberejo, yaitu: hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Metode
Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar =
77,18 lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
konvensional dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar = 67,75.
Mapping) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI padaMateri SelDi Madrasah Aliyah Swasta
Islamiyah Subulussalam Sumberejo T.P 2017/2018. Metode penelitian ini bersifat kuasi
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah
Swasta Islamiyah Subulussalam Sumberejo Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah
total 62 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas paralel. Sampel dalam penelitian ini merupakan
populasi penelitian. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design, yaitu:
Kelas pertama diajarkan dengan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) jumlah 32
siswa, dan kelas kedua diajarkan dengan pembelajaran konvensional, yakni ceramah-tanya
jawab jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berjumlah 36 soal
pilihan berganda yang telah valid. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t
dengan melihat perbandingan hasil belajar siswa pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian
ini diperoleh bahwa: Terdapat terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep (Mind
Mapping) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa padaMateri Sel Di Madrasah Aliyah Swasta
Islamiyah Subulussalam Sumberejo, yaitu: hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Metode
Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar =
77,18 lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran
konvensional dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar = 67,75.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v4i1.1114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Siti Suharni Simamora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus (JPBN) by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - SA 4.0). Official contact: Rivo +6281362238917