PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KINGDOM PLANTAE DI KELAS X SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA

Maharani Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi siswa dengan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping pada materi pokok Kingdom Plantae di Kelas X IPA SMA Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Dengan teknik random sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas X MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi Postest sebesar 92 dan nilai terendah postest sebesar 52 dengan rata-rata 76,37. Kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi postest sebesar 72 dan nilai terendah sebesar 38 dengan rata-rata sebesar 60,97. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan saran kepada guru untuk mencari model pembelajaran aktif seperti model pembelajaran Mind Mapping agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran. Pengujian hipotesis yaitu dengan diperolehnya nilai thitung = 6,34 > ttabel = 2,95 pada taraf signifikan α = 0,05 %, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kingdom plantae diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan model Mind Mapping lebih baik dalam mempengaruhi hasilk belajar.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v3i2.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Maharani Gultom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)