PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUALUH HULU AEK KANOPAN

Rahmi Nazliah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dan tanpa menggunakan Numbered Head Together pada sub materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 kualuh hulu aekkanopan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 kualuh hulu aek kanopan yang berjumlah 165. Sedangkan yang menjadi sampelnya yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas perlakuan dengan jumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu pengambilan sampel secara acak atau random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Validitas tes hasil belajar diuji dengan rumus r product moment. Reabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 0,856. Hipotesis penelitian diuji dengan melakukan uji thitung taraf signifikan a = 0,05 derajat kebebasan (dk) = ni + n2



DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v3i1.1202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Rahmi Nazliah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)