PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE DISKUSI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 24 KUALUH HULU KABUPATERN LABUHANBATU UTARA

Novi Fitriandika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi pada materi pokok sistem pernafasan manusis kelas VII SMP Muhammadiyah 24 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem pernapasan manusia yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran diskusi (kelas eksperimen) yaitu kelas VIIA rata-rata sebesar 78,47 dengan standar deviasi 8,06. Sedangkan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) yaitu VIIB rata-rata sebesar 70,11 dengan standar deviasi 8,22. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,695 > 2,00 sekaligus menyatakan terima Ha yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi. Dengan demikian model pembelajaran diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 24 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i2.1222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Novi Fitriandika Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)