PENGARUH PEMANFAATAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGRI 1 BILAH HULU AEK NABARA

Risma Delima Harahap

Abstract


Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah banyak dijumpai di sekolah-sekolah bahwa seorang guru masi mendominasi kegiatan pembelajaran,khususnya dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan ceramah, dan hal itu membatasi aktivitas belajar siswa sehingga siswa memiliki semangat belajar yang rendah, pasif, dan acuh, sehingga proses pembelajaran membosankan dan membuat prestasi siswa menurun. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, dan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang berjumblah 10 soal essay. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Hulu Aek Nabara, yang berjumbah 320 orang, dan sampel yang berjumblah 80 orang yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dalam penentuan kelas ini siswa diacak secara random. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar biologi pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) dan rata-rata 35,38 dan simpangan baku 10,45 setelah diberi perlakuan (posttest) dan rata-rata 75,87 dan simpangan baku 7,75. Sedangkan kelas kontrol sebelum diberi perlakuan (prostes) dengan rata-rata 38,00 dan simpangan baku 11,97 setelah diberi perlakuan (posttest) dengan rata-rata 68,00 dan simpangan baku 9,66. Untuk pengujian hipotesis dilakukan uji t, dan diperoleh thitung = 3,26 dan ttabel= 2,021 dengan taraf nyata 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti, ada pengaruh pemanfaatan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Hulu Aek Nabara.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i2.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Risma Delima Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)