PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP SWASTA BILAH 2 NEGERI LAMA

Roy Parsaulian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan kelas kontrol metode konvensional. Populasi beripa seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Bilah 2 Negeri Lama sebanyak 3 kelas. Pengambilan sampel penelitian diambil secara random sampling melalui undian dengan menggunakan kertas, dan yang mendapat adala kelas VII-a berjumlah 38 orang. Hasil yang diperoleh pada saat pre test dikelas eksperimen 55,6 % dan pada kelas kontrol 5 %, sedangkan pada post test diperoleh pada kelas eksperimen 77,10 % dan kelas kontrol 67,89 %. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4, 5828 dan ttabel= 1, 9954 (thitung >ttabel) pada a = 0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui metode pembelajaran learning cycle lebih tingggi dibandingkan hsil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan pencemaran lingkungan dikelas VII SMP Swasta Bilah 2 Negeri Lama.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v1i1.1231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Roy Parsaulian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus by LPPM Universitas Labuhanbatu is under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY - NC - SA 4.0)